Adab Bergaul Dengan Guru

  Adab Bergaul Dengan Guru |Pesan Saya Kepada para sahabat muslim semua yang mempunyai Akhlak,bahwa guru ketika mengajar kamu semua sngatlah sulit Mendidik akhlak kalian,Guru adalah orang yang sangat berjasa.Merekalah yang Mengajarkan ilmu yang bermanfaat dan memberi nasehat yang baik,semuanya itu biar kamu Senang sepertimana orang tua membahagiakan anaknya dan mengidamkan masa depan kalian berahklakul karimah.Merekalah yang membuat kita pandai.guru adalah pahlawan tanpa jasa.oleh karena itu,kita harus menghormati guru.Adab Menghormati guru bukan hanya saat dia mengajar dikelas,namun dimana dan kapan saja kita harus menghormati mereka.sesudah orang tua kita,gurulah yang sangat berjasa terhadap kita

Adab Bergaul dengan baik terhadap guru di antaranya ialah sebagai berikut ini :
  1. Ucapkan Salam.jangan mengucapakan hallo atau hay.berilah ucapan salam,jika bertemu dengan guru dimana saja
  2. Muliakan guru kamu sepertimana kamu memuliakan orang tua kamu.
  3. Tunjukanlah sikap hormat dan sopan,seperti salaman degan kedua tangan.
  4. Ketika kalian duduk berhadapan dengan guru maka duduklah dengan sopan santun.
  5. Berbicaralah dengan baik dan lemah lembut jangan berkata kasar,angkuh,dan sombong.yang sopan
  6. Janganlah sekali-kali kalian memotong pembicaraan guru kalian  akan tetapi menunggu hingga selesai sudah pembicaraannya.
  7. Dengarkan apa saja yang disampaikan guru kalian dari pelajaran.
  8. jangan melawan guru.semua perintahnya harus kita patuhi dan larangannya kita jauhi.kerjakanlah pR Dengan benar.
  9. Ketika kalian tiada faham suatu pelajaran maka tanyakan dengan sopan dengan mengangkat tangan lebih dulu Hinga guru kalian mengizinkan kalian bertanya. 
  10. Ketika guru kalian  bertanya kepada kalian,jawab dengan bagus dan.
  11. Kunjungilah apabila guru sedang sakit
  12. Berdoalah untuk keselamatan guru kita.berdoalah :Ya Allah berilah keselamtan kepada guruku dan berilah kesehatan serta Rezeki yang halal.
Adab Bergaul Dengan Guru


Renungkanlah syair lagu yang sering dinyanyikan berikut ini:Terpujilah,wahai engkau ibu bapak guru namamu akan slalu hidup dalam sanubariku engkau bagai pelita dalam kegelapan engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan  engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Lakukanlah hal-hal tersebut dengan ikhlas.jangan sekali-sekali menyakiti hati guru,guru sangat berjasa dalam hidup kita.ikuti teladan sahabat nabi,Ali bin abi thalib.beliau sangat menghormati gurunya,biarpun guru itu tidak mengajarnya lagi.

Adab Bergaul Dengan Guru Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah