berita terbaru islam dan berita update

8/01/2018

Bolehkah Imam Qunut Makmum Tidak?

Tidak Boleh Ikut Qunut Subuh?Benarkah

Ust. Yazid Jawas, tokoh Salafi di Indonesia, menjawab bahwa makmum yang ikut shalat di belakang Imam yang melakukan Qunut Subuh, diperintahkan untuk tidak ikut Qunut, sebab Qunut bidah. Kalau urusan bidah tidak boleh diikuti. Tidak ada khilafiyah dalam urusan bidah, katanya.

Bolehkah Imam Qunut Makmum Tidak

Benarkah demikian? Ternyata ulama Salafi di Arab yang menjadi guru para pendakwah Salafi di negeri ini, yaitu Syekh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, berfatwa berbeda:

من صلى خلف إمام يقنت في صلاة الفجر فليتابع الإمام في القنوت في صلاة الفجر ، ويؤمن على دعائه بالخير ، وقد نص على ذلك الإمام أحمد رحمه الله تعالى

“Barangsiapa yang shalat di belakang imam yang berqunut pada shalat subuh, maka hendaknya dia mengikuti imam berqunut pada shalat subuh, dan mengaminkan doanya dengan baik. Telah ada riwayat seperti itu dari Imam Ahmad Rahimahullah.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail ‘Utsaimin 14/177)

Mengenai tata cara pembacaan Qunut setelah Ruku’ para Fuqoha’ menjelaskan :

1. Bagi Imam disunnahkan agar MEMBACA DENGAN JAHR (KERAS) PADA SEMUA BACAAN yg meliputi bacaan “Doa” (Dimulai dari bacaan : Allohummahdina fiiman hadait…….. dst), “Tsana” (Dimulai dari bacaan : Fainnaka taqdhi wa laa yu’dhoo ‘alaika…dst) dan “Sholawat serta Salam” kepada Nabi SAW, keluarga dan sahabatnya.

Keterangan bisa dibaca di Kitab At Taqriirotus Sadiidah karya Al Habib Hasan bin Ahmad Al Kaff (beliau adalah murid Al Habib Zein Bin Smith Madinah) hal 244 :

التقريرات السديدة في المسائل المفيدة (ص 244)

الجهر في كل القنوت من : الدعاء , والثناء , والصلاة والسلام على النيي صلى الله عليه وسلم واله وصحبه , ولو صلاها نهارا

PERHATIAN : Yang sering terjadi di INDONESIA, IMAM HANYA MEMBACA JAHR (KERAS)PADA SAAT MEMBACA “DOA” DAN “SHOLAWAT” SAJA, sedang bacaan “Tsana” dibaca dengan Sirr (pelan).

2. Bagi Makmum disunnahkan untuk mengamini “Doa” yg dibaca oleh Imam dengan Jahr (keras), tetapi ketika sampai pada bacaan “Tsana”, makmum bersekutu dengan Imam membacanya (maksudnya : makmum tidak ada lagi membaca Amiin, tetapi bersama-sama Imam membaca Tsana’), hanya saja makmum disunnahkan membaca dengan sirr (pelan). Sedang pada bacaan Sholawat dan salam makmum kembali membaca Amin dengan Jahr (keras), karena bacaan ini termasuk dalam doa.

Keterangan bisa dibaca di Kitab Nihayatuz Zain karya Asy Syekkh Nawawi Al Bantani :

نهاية الزين – (ج 1 / ص 68)

( وأمن مأموم ) للدعاء جهرا إذا جهر إمامه و ( سمع ) أي المأموم قنوت الإمام ومن الدعاء الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم وإنما طلب من الإمام الجهر بالقنوت في السرية مع أنها ليست محل الجهر لأن المقصود من القنوت الدعاء وتأمين القوم عليه فطلب الجهر ليسمعوا فيؤمنوا ولا يؤمن المأموم للثناء بل يسن أن يقول ثناء سرا وهو من فإنك تقضي إلى آخره أو يستمع له لأنه ثناء وذكر لا يليق به التأمين والمشاركة أولى

Bacaan Qunut Jahr bagi Imam diatas, berlaku pada semua sholat, baik Sholat Jahriyyah (Maghrib, Isya’, Shubuh, Witir separuh akhir bulan Romadhon) ataupun Sholat Sirriyyah (Dhuhur, Asar) – bila semisal melakukan Qunut Nazilah.

Ketika membaca doa Qunut disunnahkan pula mengangkat tangan, namun setelahnya selesai pembacaan doa, yang LEBIH UTAMA ADALAH TIDAK MENGUSAPKAN TANGAN KE WAJAH.

Keterangan :

نهاية الزين – (ج 1 / ص 68)

ويسن رفع يديه في القنوت كسائر الأدعية والأولى عدم مسح وجهه بهما

Ketika mengangkat tangan, bila posisi tangan dirapatkan, maka pandangan mata diarahkanke arah kedua tangan, sedang bila tangan direnggangkan maka pandangan mata diarahkan ke tempat sujud.

Keterangan :

التقريرات السديدة في المسائل المفيدة (ص 244)

وينظر حينها ألى يديه : إن ألصقهما ببعضهما , فإن فرقهما نظر إلى موضع سجوده

WALLOHU A’LAM……….

SEMOGA BERMANFAAT……………..
Bolehkah Imam Qunut Makmum Tidak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER