loading...

Tata cara Shalat Tahajud dan Doa Shalat Tahajud


Tata cara Shalat Tahajud dan Doa Shalat Tahajud::Kita mengetahui shalat sunnah tahajud adalah shalat yg kita kerjakan pada waktu malamnya setelah shalat isya dan setelah kita tertidur sebentar ,lalu bangun untuk melakukan shalat sunnahnya.

Dan
Shalat sunnah tahajud juga dinamakan shalat sunnah pada tengah malam atau (Shalatul lail/Qiyamul lail) dikarenakan saat menunaikan shalat ini di malam harinya dimana semua manusia telah lelap ketiduran. Shalat sunnah Tahajud pula merupakan shalat sunnah yg tak pernah ditinggal oleh janjungan kita Rasulullah SAW sepanjang hidup baginda.

Tata cara Shalat Tahajjud dan Doa Shalat Tahajud

Sebelum kita melaksanakannya adabaiknya kita tahu dulu waktu yang pas menunaikan shalat sunnah tahajud,para alim ulama sudah membagikan waktu yg utama bagi shalat sunnah tahajud adalah sebagai berikut ini:

Sepertiga malam pertamanya,perkiraanya mulai jam 19.00 hingga jam 22.00, inilah waktu yg utama

Sepertiga malam kedua, yaitu dari jam 22.00 hingga dengan jam 01.00, ini adalah waktu yg lebih utama lagi.
Sepertiga malam ketiga, perkiraannya mulai jam 01.00 sehingga masuknya waktu shalat shubuh, ini waktu yg terlebih utama
Jumlah raka'atnya shalat tahajud telah kita ketahui adalah tak terbatas,paling sedikitnya 2 raka'at dan menunaikan dalam dua raka'at satu salam.
Untuk tata cara sunnah shalat tahajud adalah sebetulnya sama seperti cara sholat wajib,Shalat sunnah Dhuha,Shalat sunnah qabliyah jum'at,Shalat sunnah ba'diyah jum'at,dan lainnya tentang gerakannya dan bacaan,yg membedakan ialah di niat kita saja.dan untuk niat berikut ini.

Niat shalat sunnah tahajud

'Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'atainii Ada'an lillaahi ta'alaa.

maknanya: "Saya niat shalat sunah tahajud dua raka'at karna Allah Ta'alaa."

Doa Selesai Shalat sunnah Tahajud

Sesudah usai shalat tahajud kita perbanyakkan istighfar mohon ampunan Allah SWT.Sebetulnya tak ada bacaan tertentu usai shalatnya setelah sholat tahajud itu,Akantetapi kebiasaan baginda Rasulullah SAW Slalu membacakan Doa ini selesai shalat sunnah Tahajud.

.اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَا وَاتِ وَ اْلأَرْضِ وَ مَنْ فِيْهِنَّ، وَ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَ مَنْ فِيْهِنَّ، وَ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَ بُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَ مَنْ فِيْهِنَّ، وَ لَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَا وَاتِ وَ اْلأَرْضِ وَ مَنْ فِيْهِنَّ، وَ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَا وَاتِ وَ اْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَ وَعْدُكَ الْحَقُّ، وَ قَوْلُكَ الْحَقُّ، وَ لِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَ النَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَ مُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَ السَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَ عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَ بِكَ آمَنْتُ، وَ إِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَ بِكَ خَاصَمْتُ، وَ إِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَا غْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَ مَا أَخَّرْتُ، وَ مَا أَسْرَرْتُ وَ مَا أَعْلَنْتُ، أَ نْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَ خِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِ لاَّ أَنْتَ، أَنْتَ  إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ  إِلاَّ أَنْتَ


Yang Artinya: "Ya, Allah! Kepada-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi berserta isinya. Kepada-Mu segala puji, Engkau yg mengurus langit dan bumi berserta seisinya. Kepada-Mu segala puji, Engkau Tuhan yg menguasai langit dan bumi berserta seisinya. Kepada-Mu segala puji dan Kepada-Mu kerajaan langit dan bumi berserta seisi-nya.


Kepada-Mu segala puji, Engkau yg benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, berjumpa dengan-Mu benar, Syurga ialah benar-benar (ada), Neraka ialah benar (ada), (utusan) para nabi ialah benar, (utusan)Nabi Muhammad ialah benar (dari- Mu), kejadian hari kiamat ialah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrahkan, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku berriman, kepada-Mu aku kembali untuk (taubat), dengan Bantuan-Mu aku berdebat dengan (pada orang-orang kafirr), Bagi-Mu (dan serta agama-Mu) aku menjatuhkan hukum.


Oleh sebab itu, ampunkanlah kesalahanku yg sudah berlalu dan yg akan datang. Engkaulah yg mendahulu kan dan mengakhir kan, tiada Tuhan yg haq disembah melainkan Engkau, Engkau Tuhanku, tak ada Tuhan yg haq disembah melainkan Engkau".


Sebaiknya juga membacakan Do'a keselamatan Dunia dan Akhirat untuk kita:


رَ بَّنَآ ءَ اتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً  وَ فِى الْءَ اخِرَ ةِ حَسَنَةً  وَ قِنَا عَذَ ابَ النَّا رِ

Yang Artinya : "Ya Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".(Qur'an.Surah, 2:201)
Akan tetapi jika ternyata anda tak bisa doa dengan bahasa arabnya? Belum dapat berdoa dengan Bahasa Arab maka boleh berdoa dengan bahasa sodara sendiri, bahwasanyaAllah SWT maha yang Mendengar lagi Maha yang Mengetahuinya.

Bergembiralah untuk sodara yg telah terbiasanya untuk bangun malamnya buat shalat tahajud. untuk yg belum terbiasa tahajud smoga cacatan ini dapat menjadikan motivasi untuk sodara agar mulai mau bangun tidur tengah malamnya dan belajarlah dan sekianlah semoga bermanfaat.

Tata cara Shalat Tahajud dan Doa Shalat Tahajud Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah