berita terbaru islam dan berita update

3/10/2015

Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at

Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at |Telah disebutkan sebelumnya yaitu hadis Ibnu Umar , yang di dalamnya disebutkan :

“Dan 2 raka'at setelahnya Jum’at di rumahnya”



Kemudian dari Abu Hurairah Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at Beliau meriwayatkan,Rosulullah Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at bers4bda:

إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعًا

“Apabila salah seorang di antara kalian melakukkan sh0lat Jum’at, maka hendaklah dia melakukan sh0lat 4 rakaat setelahnya”.Riwayat 0leh Muslim.



Dalam riwayat Lain disebutkan:

إِذَا صَلَّيْتُمْ بَعْدَ الْجُمُعَةِ فَصَلُّوا أَرْبَعًا

“Barangsiapa di antara kalian akan melakukan shlat setelah sh0lat Jum’at,Jadi hendaklah dia melakukannya 4 rakaat



Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at Ke 2 hadis tersebut menunjuk disyariatkan shlat 2 atau 4 rakaat sesudah Jum’at. Dengan maknanya, seorang muslim boleh melakukkan salah satu dari ke 2 nya. Dan yang lebih bagus ialah shlat 4 rakaat setelah shlat Jum’at.hal ini sesuai yang diterangkan di dalam hadis Abu Hurairah Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at , yang menjadikan ketetapan dalam ucapan mengenai masalah itu.

Sunnat shlat ini bagus dikerjakan 2 rakaat ataupun 4 rakaat- lebih afdhal dilakukkan di rumah secara mutlak tampa ada pembedaan di dalam melakukannya.Jika Masuk Mesjid Sedang Imam yaitu Tengah Memberi Khtbah Jum’at

Jika seorang muslim datang masuk ke mesjid imam sedang menyampaikan khtbah Jum’at,Jadi hendaklah ia tidak duduk hingga mengerjakan shlat tahyyatul masjid 2 raka'at meringankannya.Yang demikian itu didasarkan pada dalil berikut ini.

Dari Jabir bin Abdillah Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at , beliau mengatakan : “Sulaik Al-Ghathfani pernah datang pada hri Jumat ketika Rosulullah Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at tengah menyampaikan khtbah, lalu ia duduk,dan beliau berkata ke padanya : ‘Wahai Sulaik, berdiri dan kerjakanlah shlat 2 raka’at dan bersegera dalam melakukannya’.sesudah itu beliau bersabda:
إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا

“Jika salah seorang diantara kalian hadir pada hari Jumat sedangkan imam tengah berkhtbah maka hendaklah dia mengerjakan shalat 2 raka’at dan hendaklah ia bersegera dalam mengerjakan ke 2 nya” {Diriwayat oleh Asy-Syaikhani.demikianlah penjelasannya semoga kita senantiasa melakukan shalat sunnah ba'diyah jum'at]

[Ditulis dari kitab Bughyatul Mutathawwi Fii Shalaati Tathawwu, edisi Indonesia Menteladani Shlat-Shlat Sunnat Rosulullah Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at , Pencatat atau penulis Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul, Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi’i]

Referensi:



1. Hadist shohih. Diriwayatkan olehMuslim, di dalam Ktabul Jumuah, bab Fazhlu Man Istama’a wa anshata fila Khutbbah (hadist no. 857)

2. Diriwayat 0leh Abu Daud dalam Kitab Kitaabut Thaharah, bab Fil Ghusl Yaumal Jumuah, no. 343. Dinilai shhih oleh Al-Albani dalam kitab, Shahih Sunan Abi dawud I/70.

3. Hadits sh0hih. Diriwayatkan oleh imam Muslim di dalam Kitaabul Jumu’ah, bab Ash-Shalaah Ba’dal Jumu’ah hadits no. 881. lihat kitab, Jami’ul Ushul VI/38

4. Hal itu didasarkan pada hadis : “Sebaik-baik sh0lat ialah sh0lat seseorang yang dikerjakan di rumahnya kecuali sholat wajib”. Insya Allah takhrijnya akan diberikan lebih lanjut. Dan ini termasuk hadis shahih.

baca juga:Aqidah Islam

Di dalam kitab, Tamamul Minnah hal. 342-342, Al-Allamah Al-Albani mengatakan : “Dan jika dia melakukan sholat 2 atau empat rakaat setelah shalat Jum’at di masjid maka hal itu pun diperbolehkan, atau boleh juga dikerjakan di rumah. Dan di rumah lebih baik. Hal itu didasarkan pada hadits shahih (yaitu hadits ; “Sebaik-baik shalat ialah shalat seseorang yang dikerjakan di rumahnya)

5. Pembedaan tersebut ialah seperti ini : Jika dia melakukan sh0lat itu di mesjid, maka dia melakukannya 4 raka'at, dan apabila melakukannya di rumah, maka dia mengerjakan 2 rakaat. Tidak ada dalil shahih yang mendasari hal tersebut. lihat perdebatan dan bantahannya di dalam kitab, Tamaamul Minnah hal. 341-342

6. Hadis shohih. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari secara ringkas di beberapa tempat, yang di antaranya ialah di didalam Kitaabul Jumu’ah, bab Idzaa Ra’al Imaam Rajulan Wahuwa Yakhthuhu Amarahu an Yushaliyya Rak’atain no. 930. Dan diriwayatkan uleh imam Muslim, di dalam Kitaabul Jumu’ah, bab At-Tahiyyaat wal Imaam Yakhthuhu no. 875. Dan lafazh di atas ialah miliknya.demikianlah semoga bermamfaat 
Shalat Sunnah Ba'diyah Jum'at Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.