Keutamaan Shalat Shubuh

Keutamaan Shalat Subuh-Shalat shubuh mempunyai beragam keistimewaan dan kelebihan yg luar biasa untuk siapa aja yg melakukannya dengan rajin tiap harinya,biarpun hanya dua raka'at shalat shubuh memiliki berbagai rahasia yg sangat dahsyat, baik dari  segi rohaninyya, kesehatan dan kesuksesannya. Dalam hadith riwayat imam muslim Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam pernah bersabda : "Dua raka'at Shalat shubuh terlebih baik dari dunia dan semua isinya". Shalat Shubuh adalah di waktu fajar hari menjelang siang yg telah diutamakan sebagai awal dari kehidupan sehari. Manfaat itu orang belum mengetaui manfaat, shingga hal tersebut harus dibahas ulang demi terciptanya sesuatu kepuasan dalam bangun shubuh serta kesehatan yg dialaminya. Banyak keutamaan yg tersimpan dari shalat shubuh, dngan istimewa itu akan terciptalah sesuatu kondisi dimana seseorang akan merasaknn bahagia di dalam menjalani hidup,dan sukses dari semua apa yg diingini serta memperoleh hikmahnya sendiri jika menunaikannya.

 

Kelebihan Shalat Subuh

Dari sisi rohaninya shalat shubuh memiliki beragam keistimewaan diantaranya ialah menyelamatkan diri dari siksa, memperoleh fahala sama dngan fahala haji dan umrahnya, dibebaskan dari siksa api neraka, trhindarnya dari kemunafikan,dan memperoleh perlindungan Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : "Bahwasanya Berpagilah kalian didalam melakukan shalat shubuh karna itu adalah fahala yg sangat mulia." (Hadit Riwyat Tarmidzi). Dari sisi kesehatannya sendiri bangun bagi melakukan shalat shubuh sanggup menetralisir kerja saraf serta otak kita,Adapun waktu pagi subuh kadar Ozonnya (O3) sangat tinggi yg sanggup membantu sistim saraf dan otaknya kembali menjadi baik dan mengurangkn risiko sumbatan pada pembuluh darah kita dan serangan jantungnya.

Shalat shubuh sangat bermanfaat bangeet untuk kesuksesan didalam kehidupan seorang, karna waktu bangun paginya pagi hari hingga menjelang fagi pintu rezeki akan dibukakan Allah SWT, karna itu usai melakukan shalat shubuh ada larangan tidur lagi dan adabaiknya paling disarankan bagi memulai aktivity berzdikir,serta berdo'a.

Hdayah shalat subuh sendiri ada dari 1001 hikmah shalat, "Bahwasanya amal ibadah manusia yg pertama sekali dihisab di hari qiamat ialah shalat",Bila shalatnya bagus maka baik juga semua amalnya, dan bila shalatnya buruk maka buruklah segala amalannya. Bagaimana seseorang mu'min memohon kembali kebajikan di aqhirat jika di hari qiamat bukunya kosong dari shalat shubuh tepat waktunya.Baca juga Tata cara Shalat Tahajjud dan do'a shalat tahajjud

"Bahwasanya shalat yg sangat berat untuk orang munafik ialah shalat isya dan shlat shubuh. Seandainya mereka mengetaui apa yg terkandung didalamnya itu, nischaya mereka akan melaksanakan keduanya (Berjama'ah pada mesjid) sekalipun dngan merangkak" [Hds.Rwyt Al-Bukhari dan imam Muslim].

Shalat shubuh ialah shalat fardhu yg sedikit raka'atnya, hanya dua rakaat tapi shalat shubuh menjadikan standar keimanan seorang serta ujian terhadap kejujuran, karna waktu yg amat singkat hingga mataharinya terbit,dan mempunyai hukuman khusus untuk yg meninggalkan shlat shubuh. Rsulullah SAW sudah menyebutkn hukum yg berat untuk yg tidur dan meninggalkan shlat fardhu, rata-rata sebab utama dari seseorang muslim meninggalkn shalat shubuh yaitu tidur.

"Syetan melilit leher Seseorang diantara kalian dngan tiga lilitannya saat tidur. Dngan tiap lilitannya syetan membisikkan sesuatu , "Nikmatilah malam ini". Adapun saat bangunnya kemudian mengingat(Dzikir dan do'a) kepada Allah, maka lepaslah lilitan tersebut. Adapun saat berwudhuk, terlepaslah lilitan yg kedua itu, Lalu waktu shalatnya maka terlepaslah lilitan yg ketiga itu, shingga seseorang menjadikn semangat. Tapi jika tak dikerjakan maka seseorang tu akan terbawakn lamban dan rasa malas."

"Berilah khabar gembira kpada orang-orang yg banyak berjalan didalam kegelapan malam (waktu isya dan shubuh) menuju ke mesjid dngan cahaya yg amat terang di hari qiamat."[H.R. Abu Daud Ath-Tirmidzi dan Ibnu Majjah].

Allah akan memberi cahaya yg amat terang di hari qiamat nannti kpada mereka yg menjaga shlat shubuh berjama'ah untuk kaum laki-laki di mesjid, cahya itu ada dimana aja dan tak mengambil saat melalui Siratul Al-mustaqiim, dan tetap bersama mereka hingga memasuki syurga, InsyaAllah.

"Shlat Berjama'ah (untuk kaum laki-laki) terlebih utama dari shlat salah seseorang kalian yg sendiri, dibandingkan 27 kali lipatnya.para Malaikat penjaga siang dan malam brkumpul di saat shlat shubuh". "Lalu naiklah malaikat yg menyertaimu di malam hari,Kemudian Rabb mereka menanyakan kpada mereka ,sebenarnya Dia terlebih tahu keadaan mereka, "Bagaimana cara hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?, Mereka menjawabnya, "Kami tinggalkan mereka didalam kondisi shalat dan kami temui mereka pun dalam kondisi sedang shalat pula."[H.R.imam Al-Bukhari]
 

Untuk kaum wanita shalat di masjid diperbolehkan ,shalat dirumah ialah terlebih baik dan lebih banyak fahala,adalah yg melaksanakan shalat shubuh di saat laki-laki tengah shalat dimesjid.Yang membedakan wanita munafik dan wanita mu'minah ialah shalat pada  waktunya. " Barang siapa yg mengerkan Shalat shubuh maka ia ada dalam jaminannya Allah. Shalat shubuh menjadikan semua ummat berada dalam jaminan, penjagaan, dan perlindungan Allah SWT sepanjang hari-harinya. Barangsiapa membunuhkan orang yg mengerkan shalat shubuh, Allah akan menuntutnya, shingga ia pun akan membenamkan wajahnya ke dalam api neraka" [Hds.Rwyt. Muslim, Ath-Tirmizi dan Ibnu Majah].

Banyaknya permasalahan yg jika diurut sumbernya dari pelaksanaan shlat shubuh dan diremehkan. banyak kejadian mala petaka yg terjadi kpada kaum yg durhaka terjadinya di waktu shlat shubuh, yg menandai berakhir dominasi jahiliyahnya dan Adanya cahya tauhid kpada Allah.

"Sesungguh-nya waktu jatuhnya azab kpada mereka adalah disaat shubuh, bukankah shubuh tersebut telah dekat?."(Q.S Huud :ayat 81).
 

Aktivittas sehari-harinya dimulai bergantung kepada pelaksanaannya shlat shubuhnya, semua urusan dunia ini beriringan dngan waktu saat shlat, bukan waktu shlat yg harus diikuti urusan dunianya.

"Bila kmu menolong (Agama) Allah, maka Dia Tentu akan menolongmu dan meneguhkan kedudukan kmu". (Q.S Muhammad :ayat 7). "Sungguh Allah akan membantu orang yg menolong agamanya, sesungguh-nya Allah Maha Kuat dan Maha Perkasa". (Q.S Al-Hajj : ayat 40).

Dngan menjaga akan shalat shubuh akan menjadikannya hidup ini berlangsungnya dengan baik saat menunaikan shlat shubuh dan akan ada hikmahnya sebalik shlat shubuhnya. Shingga kita membutuhkan cara bagi menjaga shlat shubuhnya dngan cara sebaik mungkin. Semoga kita samua slalu shlat shubuh di waktu yg tepat di setiap permulaan harinya.Wallahu'alam bisshawab

Keutamaan Shalat Shubuh Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah