berita terbaru islam dan berita update

5/27/2020

Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi

keutamaan membaca ayat kursi setelah sholat

Yang harus dipahami terlebih dulu adalah ayat kursi bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Asalkan jangan di tempat yang dilarang membaca Alquran. Namun berdasarkan hadits-hadits dan keterangan dari para ulama, ada waktu-waktu yang dikhususkan untuk membaca ayat kursi ini. Kapan saja? Berikut keterangannya.

Yang harus dipahami terlebih dulu adalah ayat kursi bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Asalkan jangan di tempat yang dilarang membaca Alquran.

Pagi dan Petang
Salah satu waktu yang disunnahkan membaca ayat kursi adalah di waktu pagi dan petang. Hal ini berdasarkan hadits dari Ubay bin Ka’ab,

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim)

Untuk waktu pagi, Anda bisa membaca ayat kursi setelah shalat shubuh atau setelah selesai shalat sunnah syuruq. Sementara di waktu petang Anda bisa mengambil waktu setelah ashar.

Setelah shalat 5 waktu
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ayat kursi bisa dijadikan salah satu bacaan zikir setelah sholat fardhu atau shalat 5 waktu.

Hal tersebut sesuai dengan hadits berikut:

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai)

Hadits ini mengisyaratkan kepada kita agar membaca ayat  kursi setiap selesai shalat fardhu 5 waktu.

Ketika akan tidur
Hadits yang berhubungan dengan waktu ini telah disebutkan dalam sub judul sebelumnya. Silakan lihat sub judul 3 nomor 2 hadits yang kedua. Tapi saya akan tuliskan kembali di sini.

“Saya (Abu Hurairah) telah ditugaskan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga hasil zakat yang diambil pada bulan Ramadhan (makanan dll), tiba-tiba datang seseorang yang mengambil makanan. Saya pun merampasnya lagi dan berkata: Akan saya adukan kamu kepada Rasulullah saw. Kemudian sayapun menceritakannya, termasuk pesan orang tersebut yang berkata : Jika kamu ingin tidur bacalah ayat al-Kursi niscaya kamu akan selalu dalam lindungan Allah dan setan tidak bisa mendekatimu sampai pagi. Nabi saw berkomentar: Dia telah jujur kepadamu padahal dia adalah pendusta, dia itu adalah syaitan” (HR Bukhari)

Rasulullah SAW mengatakan walaupun syaitan adalah pendusta, tapi yang diajarkan kepada Abu Hurairah adalah  hal yang benar. Syaitan tidak bisa mendekati (apalagi mengganggu dan merayu) manusia yang sebelum tidur membaca ayat kursi.

Malam 1 Muharram
Ketiga waktu di atas bisa kita jumpai setiap hari, namun yang ini hanya satu kali dalam setahun. Ini juga sudah disebutkan sebelumnya di sub bab keutamaan ayat kursi. Habib Novel mengatakan siapa yang membaca ayat kursi sebanyak 360 kali dengan diawali basmallah dan diakhiri dengan doa khusus, maka tahun itu akan menjadi benteng baginya dari syaitan.

Hukum Memajang Ayat Kursi
Berbagai keutamaan ayat kursi yang telah kita bahas sebelumnya, akan berfungsi jika kita baca dengan baik dan benar. Maka, tulisan ayat kursi yang dipajang di dinding tidak akan berdampak apapun kecuali menambah nilai estetika saja.

Lalu, hukumnya bagaimana?

Imam Nawawi, salah satu ulama besar dalam Mazhab Imam Syafii, mengatakan:

“Tidak diperkenankan menulis Al-Qur’an dengan sesuatu yang najis. Dan dimakruhkan menulisnya di dinding menurut (madzhab) kami.” (At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, hal. 110)

Ayat kursi merupakan bagian dari ayat Alquran sehingga jika dipajang sebagai hiasan di dinding-dinding, hukumnya makruh.

Kisah-kisah Seputar Ayat Kursi
Ayat Kursi dan berbagai kisah tentangnya

Ada beberapa kisah mengenai orang-orang yang membaca ayat kursi. Mari kita simak dan mengambil pelajaran.

Kisah 1

Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah membaca atau mendengar kisah ini. Kisah ini terjadi di Amerika sekitar tahun 2006.

Ada seorang muslimah yang melewati sebuah gang. Di sana terlihat seorang pria yang rasa-rasanya ingin berbuat jahat terhadap si wanita. Karena takut, dia membaca ayat kursi dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Wanita itu melintas di depan pria tersebut, tapi si pria hanya melihat sepintas dan kembali sibuk dengan rokoknya.

Keesokan harinya, sang wanita muslimah menonton berita kriminal. Dia begitu terkejut mengetahui di gang yang dia lewati tadi malam terjadi pelecehan seksual terhadap wanita yang lain. Anehnya, kejadiannya hanya beberapa menit setelah dia melewati gang itu.

Karena merasa sedikit mengetahui ciri-ciri fisik si pria (yang disangka keras sebagai pelaku), wanita muslimah ini memutuskan membantu pihak kepolisian. Si pelaku pun berhasil ditangkap.

Singkat cerita, ketika wanita muslimah bertanya ke pria itu kenapa tidak melakukan pelecehan terhadapnya. Si pelaku menjawab, “bagaimana aku berani, kamu ditemani oleh dua orang pria berbadan besar di sisi kanan dan kirimu”. Allahu akbar.

Baca kisah 2

Kisah kedua saya ambil dari seorang penulis di kompasiana atas nama Ragile Agil. Ini merupakan kisah nyata pribadi si penulis.

Suatu ketika di tahun 2001 dia bermimpi sedang berada si rumah sakit. Dokter yang menanganinya mengatakan, “jiwa kamu tidak stabil dan hampir budek!”. Dari awal ke rumah sakit dokter tersebut memang judes dan bersikap tidak enak.

Setelah selesai, ada seorang suster yang seakan-akan ingin memberikan resep kepada yang  bersangkutan. Rupanya suster cantik tersebut malah membaca Al Fatihah dan Ayat Kursi. Setelah itu tiba-tiba dia terbangun.

Kejadian tersebut kemudian diceritakan kepada gurunya, KH.Irfan Zidny,MA. (almarhum), salah seorang Rois Am PBNU, ahli fiqh dan juga Tasawuf, pada waktu itu.

Kiayi Irfan mengatakan, “Subhanallah…. itu resep dari malaikat.” Beliau nampak lega dan meminta dia untuk membaca Al Fatihah dan Ayat Kursi masing-masing 7x setiap selesai shalat fardhu.

Dari pengalaman si penulis  setelah mepraktikkan sekian lama, dia merasa amalan itu bisa menguatkan insting dan kesadaran, khususnya ketika dilanda kebingungan dan kepanikan. Dia juga merasa lebih terbantu saat mengambil keputusan karena kuatnya insting itu.

Penulis mengatakan merasa plong telah menyampaikan ceritanya ke orang ramai. Memang ini merupakan amanah dari Kiayai Irfan.

Cerita ini lebih meyakinkan kita mengenai keutamaan membaca ayat kursi setelah shalat fardhu. Tidak harus 7x seperti amalan beliau. Kita bisa tambahkan atau kurangi sesuai kebutuhan dan kemampuan. Yang penting, usahakan untuk selalu dibaca.

Download Mp3 Murottal Ayat Kursi
Salah satu trik penting dalam menghafal Alquran adalah: mendengar. Makanya ada salah satu metode menghafal Alquran yang cukup poluler saat ini yaitu Talaqqi. Talaqqi bisa diartikan secara sederhana dengan metode dikte. Seseorang akan membaca ayat yang ingin kita hafal. Kita hanya mendengar lalu mengulang surat yang dibaca tersebut. Kekuatan pendengaran sangat berperan di sini.

Jika tidak ada yang men-talaqqi, solusi alternatifnya adalah dengan mendengar murottal. Makanya saya akan memberikan beberapa link bacaan ayat kursi dari beberapa syeikh yang berbeda.

Silakan klik link salah satu atau beberapa syeikh di bawah ini. Pilih yang paling Anda sukai (saya sendiri lebih suka Syeikh Sa’ad Al Ghamidi). Ketika sudah di halaman terkait, klik kanan lalu pilih save as. Letakkan file bacaan ayat kursi di folder yang Anda mudah cari. Play file ayat kursi tersebut dengan media player yang ada di PC, laptop, tablet atau smartphone Anda.

Berikut beberapa link untuk mendownload bacaan ayat kursi:

Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Abdurrahman As Sudais,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Abdullah Matroud,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Saad Al Ghamidi,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Saud Ash Shuraim,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Hani Ar Rifai,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Ali Hajjaj As Suwaisy,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Muhammad Jibreel,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Muhammad Ayyub,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Mahmoud Khalil Al Hussary,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Mishari Rashid Al ‘Afasy,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Salah Abdurrahman Al Bukhatir,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Abu Bakar As Shatri,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Yasser Al Dossari,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Nasser Al Qatami,
Download Mp3 Murottal Ayat Kursi Syeikh Fares Abbad,
Setelah men-download, dengarkan berulang-ulang sehingga Anda familiar dengan bacaan ayat kursi tersebut. Perhatikan huruf-huruf dan ketepatan bacaannya lalu hafal pelan-pelan.
Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER