Cara Mengatur Biaya Pernikahan

Tips Mengatur Biaya Pernikahan Agar Tidak Over Budget
Setiap calon pengantin tentu ingin pernikahan yg istimewa dan berkesan seumur hidupnya. Anda juga tentu ingin mewujudkan pernikahan impian yg sangat diidam-idamkan.Tetapi, sudahkah Anda menghitung dan memperkirakan budget yg diperlukan utk gelaran pernikahan tersebut?Apakah anggaran tersebut relevan dengan pernikahan yg digelar dan tidak membebani kehidupan pasca pernikahan?

Pernikahan yg istimewa memang perlu diwujudkan.Namun demikian,Anda juga harus mempertimbangkan anggaran dan biaya setelah pernikahan yg tidak sedikit pula.Nah,utk mewujudkan pernikahan impian tersebut,Anda harus jeli berkreasi.Dengan kreativitas Anda akan bisa memangka pengeluaran yg tidak terlalu penting tanpa mengurangi kesan indah dan istimewa.

Berikut ini beberapa tips yg bisa Anda lakukan utk mengatur biaya pernikahan yg pas,tidak over anggaran namun tetap istimewa.


1. Rencanakan Hari Pernikahan Beberapa Bulan Sebelumnya
Saat Anda sudah menentukan pasangan yg sesuai,jangan tunda utk menikah.Segera lakukan pembicaraan serius terkait ide pernikahan.Ide pernikahan yg dirancang jauh-jauh hari lebih bisa dipersiapkan dengan mantap dan pertimbangan yg matang.Selain itu,rancangan biaya yg diperlukan juga bisa mulai dipersiapkan dengan baik.

2. Atur Timeline

Selanjutnya Anda bisa membuat timeline menuju hari pernikahan dan segala persiapan yang harus dilakukan.Aturlah agar beban tidak menumpuk di hari-hari menjelang pernikahan.Sebisa mungkin timeline tersebut juga sudah mencakup hal-hal kecil yg sering terlupakan.Disiplinlah dalam memenuhi target timeline agar beban lebih ringan.

3. Detailkan Pengeluaran
Seringkali kita membuat rencana budgeting yg terlalu umum.Hal tersebut justru bisa menjadikan bebrapa biaya tertentu sering terlewatkan dan akhirnya melampaui anggaran. Sebaiknya detailkan pengeluaran sehingga terlihat jelas berapa nominalnya.Jika melampaui anggaran,Anda bisa memangkas biaya yg tidak terlalu penting atau menyiasatinya dengan cara lain,misal dengan penyewaan atau cara lain.Efisiensi anggaran sangat diperlukan dalam sesi ini.

http://infomasihariini.blogspot.com/2016/03/cara-mengatur-biaya-pernikahan.html


4. Rajin Hunting Harga

Anda mempunyai waktu yg panjang utk rajin hunting harga.Jangan malu utk bertanya pada saudara,kerabat atau sahabat perihal harga.Termasuk pengalaman mereka menggunakan vendor yg terkait dalam acara pernikahan.Hal tersebut sangat penting dikarenakan akan menjadi data referensi yg bisa digunakan utk merangkai pernikahan yg Anda harapkan. Kolaborasi harga yg menarik dan mutu vendor yg baik sesuai menjadi pilihan.

5. Berkreasilah

Berkreasi utk memangkas pengeluaran yg tidak terlalu penting harus dilakukan pada setiap pos pengeluaran.Misalnya utk urusan undangan.Tidak perlu mengalokasikan dana berlebih jika undangan yg digunakan selanjutnya akan dibuang dan dilupakan.Alihkan pada pengeluaran yg lain yg memberi kesan pada tamu undangan.Selain undangan,souvenir yg menarik tidak harus mahal, yg penting mempunyai manfaat utk digunakan.
Pernikahan yg istimewa tidak harus mengeluarkan dana hingga over budget.Menggunakan waktu yg ada dan relasi yg banyak utk mendapatkan banyak masukan harga yg menarik. Jangan sungkan utk memanfaatkan diskon.Selain itu,jeli berkreasi menjadi kunci yang harus selalu dilakukan.

Cara Mengatur Biaya Pernikahan Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah