Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa - Umat Islam di seluruh pelosok dunia ini menyambut bulan ibadat puasa Ramadan selama satu bulannya.Akantetapi ada suatu hal yang dapat mengurangi kepercayaan diri sesorang di saat berpuasanya. Yaitu salag satunya aroma bau mulut.

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Dr. Ranaa Al Thalib,salah seorang dokter gigi dari cental clinik, Dubai Healtcare Citi, mengutarakan yakni keluhan aroma bau mulut meningkat tajam sampai 60 persennya selama dibulan puasa.

"Selama bulan puasa,ada beberapa orang yang mengalami aroma bau mulut,di karenakan kelenjar ludahnya tak menghasilkan air liur yang banyak untuk menjaga nafasnya segar. Selain itu,aroma bau mulut juga dikarenakan oleh sejenis makanan yang dimakan, dan biasanya gaya hidup tak sehat lain," kata Dr. Ranaa Al Thib, seperti yang telah dilansir halaman Gulfnews.

Dibawah ini ada beberapa tips mencegah aroma bau mulut waktu berpuasa menurut Dr. Ranaa Al Thalib

1. Menggosok gigi dan lidah

Dua zat utama aroma bau mulut adalah bakteri dari sisa makanan yang membusuk didalamnya, maka untuk itu dibutuhkan perawatan rutin dengan menggosok gigi. Biasanya bulan puasa Ramadhan,kita menggosok gigi sesudah sawur,sesudah bangun tidur,atuapun disiang harinya.

2. Meminum air putih

Minumlah air putih 2 gelas sampai tiga gelas waktu sahurnya, dikarenakan bisa membantu anda terhindari dari dehidrasi.Minuman Air putih juga berguna untuk meningkatkan memproduksi saliva (air liur ) didalam mulut,hingga bisa membantu anda menjaga kebersihan mulut dan lidah.

3. Menggunakan obat kumur anti septik

Tidak ada masalahnya jika kita gunakan obat kumur anti septik disaat bulan puasa Ramadhan, dikarenakan anda tak akan menelan obat itu.Akan tetapi, jangan gunakan obat kumur yang ada alkohol, karena bisa menjadikan mulut menjadi mengering.

Anda juga bisa gunakan benang gigi (cental floss)agar menghilangkan sisa-sisa makanan disela-sela gigi anda.

4. Mengurangi makan makanan yang banyak mengandungi gula,supaya mengatasi keropos digigi, yang bisa mengakibatkan aroma bau mulut.

5. Menghindari makanan yang dapat memicu aroma bau mulut anda,misalnya coklat. Coklat merupakan makanan yang sifatnya uretik (perangsang pengeluaran urine).Sebabnya,aroma bau mulut akan mempercepat mengalami kekeringan.

6. Selain air putih,Meminum teh hijau tampa gula saat berpuasa ramadhan,bisa juga membantu anda mencegah mulut yang tak sedap. Hal itu dikarenakan teh mengandungi zat polyphenol,yang membantu menghilangkan bakteri dimulut dan pada saluran pernafasannya.Fungsi lain teh adalah untuk mengurangi peradangan dirongga mulut kita serta gangguan pernafasan yang diakibatkan asap perokok.

Baca juga : Manfaat puasa bagi Kesehatan

Demikian Cara mengatasi bau aroma mulut saat bulan puasa,semoga bermanfaat untuk anda semua dan bisa mengambil manfaatnya dari artikel yang ini.

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah