loading...

Tata Cara Shalat sunnah Tasbih

Tata Cara Shalat sunnah Tasbih-Suatu kisah nyata terjadi di suatu hari,ada seorang syekh sedang naik ojek. Dengan mata hatinya,beliau melihat yakni tukang ojek itu yg membawanya tengah dilanda susah gelisah duka nestapanya.Kehidupannya sangatlah mmprihatinkan,Hanyalah satu kamar digunakan untuk dapur dan tempat tidurnya.sedih nya tukang ojek itu Syekh berkata, “pak anu spertinya hidup anda ini sungguh amat memprihatinkan ! Benarrkah itu ?” ucap sang Syekh. “Iya syekh, “jawab tukang ojek tersebut,Kemudian Syekh berkata, “Maukah bapak keluar dari keadaan sulit ini”? tukang ojek menjawab dengan nada sopan “Mau sekali Ya Syekh.

Akhirnya dengan  mendengarkan jawaban tukang ojek itu, maka syekh memberi sarannya untuk menunaikan wajib serta shalat sunnah Tasbih tiap hari.esok harinya, tukang ojek bersegera menunaikan apa yang  diucapkan oleh syeikh tersebut.Dikarenakan punya keinginan yg kuat untuk keluar dari kondisi yg sulit saat itu tukang ojek begitu rajinnya melaksanakan shalat sunnah tasbih.

Satu tahun telah berlalu, dia telah mengerjakannya suatu hari adalah seorang pedagang kaya yg ingin membeli tanah seseorang. Ia berjumpa dengan tukang ojek tersebut dan membicarakan maksud hatinya. Tukang ojek mengantarkan pedagang kaya itu pada pemilik tanah yg mau dijual.

Singkat ceritanya pedagang kaya itu berhasil membeli tanahnya, Dia pun mengucapkan terima kasih pada tukang ojek itu sebab sudah memberi jalan untuknya, pedagang itupun memberikan (hadiah) pada tukang ojek dengan sejumlah uang yg nilainya sangatlah besar mencapai ratusan juta rupiahnya.

Dengan air matanya yg berlinang, tukang ojek akhirnya datang kepada syekh tersebut. Iapun menangis tersedu-sedu dihadapannya syekh .Tukang ojek udah bersyukur atas perintah syekh bagi mengerjakan shalat sunnah tasbih hingga sudah meraih mendapatkan pertolongan dari Allah swt dngan pemberian uang dari pembeli tanah itu  iapun sudah merubah kehidupannya bahkan bisa membangunkan sebuah rumah mewah.

Sekianlah kisah singkatnya keutamaan yg dialami seorang tukang ojek,kita semua yakin,bahwa banyak kisah cerita serupa yg terjadi terkait dngan ibadat pengalaman shalat Tasbih.Sebab itu, apa yg dapat kita petik dari kisah cerita tersebut ?

Yakni shalat sunah tasbih ternyata mempunyai dampak yg sangat luar biasa dalam kehidupan kita.Bila kita mengalami amat kepayahan  dalam kehidupan atau mempunyai penyakit yg susah sembuh, maka lakukanlah shalat sunnah Tasbih dengan bersungguh-sungguh,hingga Allah swt akan memberi jalan keluar bagi kita. Sebab Allah Maha Penyembuh yg terbaik di dunia.

Nabi kita sendiri sering melakukan shalat tasbih hingga Nabi bersabda: ”Wahai ibnuAbbas, mahukah kamu kuberi sesuatu?Yaitu Shalatlah empat raka'at, terserah kamu siang atau malamnya.bila usai takbir bacalah surat apa saja yg kamu inginkn.Lalu bila usai membacakan surat bacalah sepuluh kali kalimah Alhamdulillah, Subhanallah, wa Lailaaha Illallah,Wallahu Akbar.Lalu ruku'lah saat sedang ruku' bacalah sepuluh kali kalimah itu”. (HRiwyatnya Abu Daud dan Ibnu majah).
 

Tata Cara Shalat sunnah Tasbih

Tata Cara Melaksanakan Shalat Tasbih
  • Berwudhuklah dengan sempurna,Lalu berdiri betul sebagaimana shalat wajib dan shalat sunnah lainnya Shalat sunnah Istikharah,shalat sunnah dhuha,shalat sunnah tahajud,dan lainnya yg di tempat yg bersih dan suci serta pakaian yg bersih dan suci juga. Untuk shalat sunnah Tasbih yg terdiri empat raka'atnya kemudian menghadap kiblat dengan niatnya 'Ushalli Sunnatat Tasbihi Rak’ataini Adaan Lillaahi Ta’ala dalam hati kita disertakan mengucapkan Takbiratul Ihram, yaitu lafazd ALLAHUAKBAR.
  • Seterusnnya membacakan doa Iftitahnya, diteruskan dengan membacakan surah Al-Fatihah Lalu membacakan surah Al-kafiruun, sesudah usai membaca surah itu dilanjutkan membacakan Tasbihnya,yaitu Subhanallah Wal Hamdulillah Wa laa Ilaha  llallaahu WalahuAkbar Walaa haulaa Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim, yaitu 15 kali.kemudian ruku'.
  • Dalam ruku' sesudah membacakan tasbih seperti diatas,Lalu membacakan tasbih seperti di atas tadi banyaknya 10 kali Kemudian I’tidal.
  • Dalamnya I’tidal usai membacakan (Samia allaahu haliman hamidah) dan selanjutnya, membacakan tasbihnya sebanyak 10 x kemudian sujud.
  • Dalam sujudnya usai membacakan tasbih seperti biasa,Lalu membacakan tasbih seperti di atas banyaknya 10 kali, Lalu duduk di antara dua sujudnya.
  • Dalam duduknya diantara kedua sujudnya usai membacakan doa seperti biasa,Lalu membacakan tasbihnya seperti di atas banyaknya 10 kali,kemudian sujud lagi bagi yg kedua kalinya.
  • Dalam sujud yg kedua kalinya,usai membacakan tasbih seperti biasa,Lalu membacakan tasbih seperti tadi diatas banyaknya 10 kali, seterusnya sebelum berdiri di raka'at yg kedua,agar duduk istirahat sebentara dan dalam duduk itu agar membacakan tasbih seperti di atas itu banyaknya 10 kali.

Itulah uraian singkatnya mengenai tata cara shalat sunnah tasbih dilakukan hingga selasai empat raka'atnya dan jumlah tasbih sebanayak 300 (tiga ratus)tasbih  kali dibacakan. Dan shalat Tasbih bisa dilakukkan pada waktu malam harinya dengan yaitu 2 (dua) raka'at salamnya dan jika dilakukkan di siang harinya 4 (empat) raka'at 1 (satu) kali salamnya smoga bisa ditunaikan dan tasbih bisa diterima Allah Ta'ala.terimakasih kepada pengunjung semua.

Tata Cara Shalat sunnah Tasbih Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah