loading...

Tips Menyambut bulan suci ramadhan

Tips Menyambut bulan suci ramadhan-Persiapkan mental spritual kita supaya dapat memaksimal dalam menghadapi dan menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan nanti.Ikutilah tips-tips waktu tiba bulan Ramadhan berikut ini.


Tips Ketika Tiba bulan suci ramadhan

Tips yang pertama  
Mohonlah atau doa supaya Allah swt. memberi kesempatan pada kita dapat berjumpa lagi dengan bulan puasa dalam keadaan yg sehat tidak sakit. Dengan kesehatan, kita bisa melakukan ibadat puasa secara maksimal nanti, baik puasanya, sholatnya, tilawatil qur'an, dan dzikir. Darinya Anas bin Malik r.a. yg berkata, bahwa Rasulullah saw. jika memasuki bulan Rajab slalu berdo'a, ”Allahuma bariqlana fii rajab wa sya’bana, wa balighna ramadan.” yg artinya, “ Ya Allah, berkattilah kami di bulan Ra'jab dan Sya’bana; dan sampaikanlah kami di bulan puasa Ramadhn.” (Hadit.Rwayatnya. Ahmad dan Thabranii) Ulama salafs-as-shalih slalu berdoa pada Allah supaya diberi karunia di bulan suci Ramadan; dn memohon supaya Allah terima amalan mereka itu. jika sudah memasuki awal di Ramadhan, mereka mohon kepada Allah ta'ala, ”Allahuakbar'' Allahuma 'Ahillahuu 'Alaina bil Amni wal iman was salamaah wal islami wat taufik lima Tuhibbuhu wa Tardha.” Artinya, “Ya Allah, karuniakan pada kami di bulan ini keamanan kami, keimanan kami, keselamatan kami, dan keislaman kami; dan berikan pada kami taufik supaya sanggup mengerjakan amal yg engkau sukai dan ridhai.”

Tips yg kedua
Selalu Bersyukur dan memuji Allah atas kurnia Ramadhan yg kembali lagi diberi pada kita.Imam an Nawawi ra.di dlam kitab Adzkar beliau brkata, ”Dianjurkan bgi tiap orang islam yg dapatkan kebajikannya dan diangkat dari diri ianya kejahatan bagi sujud kepada Allah sebagaimana tandanya bersyukur; dan puji-pujian Allah dengan puji yg sesuai dengan ketinggianNya.” Dan di antara nikmah terbesar yg diberi oleh Allah pada seseorang hamba ialah waktu ia diberikan kesanggupan bagi menunaikan ibadat dan ketaatannya. Jadi, waktu bulan Ramadhan sudah datang dan kita didalam suasana sehat tak sakit, kita haruslah syukur dn dngan puji Allah sbagai bentuk rasa brsyukur kita.


Tips yang Ketiga 
Gembiralah dengan kehadiran bulan suci Ramadhan. Rasulullah saw. slalu memberi berita gembira pada sahabat di tiap kali tiba bulan Ramadhan, “sudah tiba kpada kalian bulan puasa Ramadhn, bulan yg penuh dngan berkah. Allah sudah memfardhukan pada kalian bagi berpuasa.Di bulan puasa Allah membukakan pintu surga dan menutup rapat pintu neraka.” (Hadit.Rwyatnya Ahmad). Salaf as-shalih amat memerhatikan bulan Ramadhan. Mereka sangatlah bergembira dengan kehadirannya. Tak ada kgembiraan yg terbesar selain dari kehadiran bulan Ramadhan karna bulan puasa dipenuhi dengn kebajikan dan turun rahmatNya.

Tips yang Ke Empat 
Aturlah agenda anda  kegiatan bagi memperoleh manfaat terbesar di bulan Ramadhan nanti. Ramadhan itu amat singkat waktunya. Karna itu, isilah tiap detik dngan amal yg brmamfaat, yg dapat mensucikan diri dari dosa kita, dan dpat mendekatkan diri kita kepada Allah.

Tips yang Ke Lima 
Berkeinginan untuk mengisikan waktu-waktu di bulan Ramadhan dngan ketaatan kita. Barangsiapa jujur pada Allah, maka Allah akan menolongnya didalam melakukan kegiatannya dan memudahkn mengerjakan aktvitas kebaikan. “Tetapi jika mereka benar terhadap Allah, niscahya yg demikian itu terlebih baik bagi mereka.” [Q.S.Muhamad (47):ayat 21]

Tips yang Ke Enam 
Belajarlah tentang hukum-hukum dn seluruh amalan kita di bulan Ramadhan. harus bagi tiap mukmin beribadahny dengan berlandaskn ilmu. Kita harus tahu ilmu dan hukum puasa sebelum Ramadhan tiba supaya puasa kita benar dan dterima  Allah. “banyak Tanyaknlah kpada alim ulama yg berilmu, bila saudara tak tahu,” begitulah  firman  Allah dalam Al-Qur’anul karim surat Al-Anbiya’ ayat 7.

Tips yang Ke Tujuh 
Menyambut bulan suci Ramadhan dngan tekad kita dapat tinggalkan kesalahan dan kebiasaan buruk. Taubatlah secara benar Dn ikhlas dari segala kejahatan dan dosa. Ramadhan merupakan bulan taubat nasuha. “Dan brtaubatlah kamu sekalian pada Allah, wahai orang-orang yang beriman,supaya kamu beruntung.” [Q.S.An-Nur (24):ayat 31]

Tips yang Ke Delapan 
Persiapkan jiwa raga kita dengan Membacakan yg mendukungnya sistem tazkiyatunn nafss. Hadirilah majlis-majlis ilmu agama islam yg membicarakn mengenai keistimewaan, hukumnya, dan hikmah puasanya.hingga mental kita telah siap sedia bagi mengerjakan taat di bulan Ramadhan nanti.

Tips yang Ke Sembilan 
Persiapkanlah diri anda supaya da'wah di bulan suci Ramadhan misalkan: membuatkan tulisan kecil bagi tazkirah tarawih dan setelahs sholat shubuh dan dzuhur dan membagikan buku saku pada orang lain atau lebaran yg berisikan nasehat dan keistimewaan bulan puasa.

Tips yang Kesepuluh 
Penyambutan bulan suci Ramadhan dengan membukakan lembaran yg baru yg suci bersih pada Allah,serta dengan taubat nasuha.pada Rasulullah saw., serta lanjutkan risalah dakwah baginda dan menunaikan sunah-sunah beliau.seperti Berbakti kepada orang tua kita, isteri kita, anak kita, dan karib kerabat kita, serta mempereratkan hubungan silaturrahmi.kpada warga masyarakat, dngan menjadikn diri untuk orang yg terlebih bergyna bagi mereka semua. Karena, manusia yg terbaik ialah manusia yg paling ada manfaat untuk orang lain.Itulah tips Menyambut bulan suci Ramadhan bermamfaat yang dapat saya bagikan.terima kasih atas kunjungan sodara/sodari.

Tips Menyambut bulan suci ramadhan Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah