Keistimewaan Kota Mekkah

Keistimewaan Kota Mekkah |Puji dan Syukur Kehadirat Allah Subhanahu wata'ala yang mana oleh Allah yang telah menciptakan bumi dan isinya,salawat salam ke atas baginda Rasulullah,yang telah membawa umatnya dari alam kebodohan kepada alam ilmu pengetahuan,kota mekkah dan kota Madinah,menjadi dua pusat kota yang sangat penting didalam masa perjalanan kehidupan Rasulullah  SAW pada waktu ketika menyebarkan Agama Islam dipermukaan bumi ini.
Rasulullah sendiri bersabda:'' pada suatu hari pembebasn kota Mekah, darinya Ibnul ‘Abas:''Bahwasanya tanah ini sudah diharamkn oleh Allah, maka tiada boleh ditebang tumbuhn-nya, tiada boleh diburu hewan buruan-nya, dan tiada  boleh dipungut satu jua pun barang yang hilang pada-nya melainkan orang yang mencarik pmiliknya.” (H.R.Bukhari nomrnya. 1587 dan Muslim nomrnya. 2412).Artikel Lainnya :Cara Cepat Kaya Yang Di Ajarkan Nabi

Darinya Aisyah radhi yallahu ‘anha dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang bahawa Nabi bersabda:''Ada lima jenis binatang fasik yang bisa dibunuh baik di tanah haram juga di luar tanah haram ialah: Ular berbisa, gagak yang punggung atau prutnya warna putih, tikuss, anjing yang gila, dan elang.” (Hadisth.Rwyt. Muslim nomr. 1198)
Mekkah merupakan kota yang haram (mempunyai kehormatan) atas pengharamannya dari Allah Ta’ala. Karena itu ianya memiliki hukum khusus sendiri yang membedakan dari kota-kota lainnya biarpun itu ialah kota Madinah.

Keistimewaan Kota Mekkah
Dan keistimewaan mekkah diantaranya :
  1. Yang Pertama Tiada boleh menebangkan tanaman atau pun mematahkan rantingnya tanaman atau tumbuhan,melainkan tumbuhann idzkhir yang dikecualikn di dalam riwayat Bukhari dan Muslim tersebut,Yang dimaksud dengan tumbuhan di sini ialah tumbuhan yang tumbuhnya dengan sendiri-nya.bila tanamannya yang tumbuh sebab ditanami, misalkn tumbuhan buah milik seorang teman kita atau yang lainnya, maka ia diperbolehkan untuk memotong tumbuhannya.
  2. Kedua Hewan yang ada di dalam kota mekkah tiada boleh diganggui apalagi jika diburu,Sebab siapa pun yang masuk ke dalam kota suci Mekkah maka ia sudah mendapatkan keamanannya, baik ia manusia atau pun binatang,Akan tapi dikecualikan dari-nya 5 binatang yang disebut ddalam hadith di atas itu, sebab semuanya tiada boleh dibunuh. karna pembolehannya mereka bisa dibunuh ialah sebab ianya ialah hewan fasik, yang suka mengganggui dan sangat bahaya bagi kita manusia,Jadi dari karena itu,dan diikutkan daripadanya semua hewannya selain dari 5 itu yang memberikn mudharatnya pada manusia.
  3. Ketiga Semua barang,atau bahan yang ter jatuh di jalan atau hilang dari pemiliknya tiada boleh kita pungut apalagi jika diambilnya, akan tapi perlu kita biarkan begitu saja adanya,Melainkan bagi orang yang ingin mencarikn pemiliknya,maka dibolehkan bagi ia supaya untuk memungutnya.Sekianlah Beberapa Keistimewaan Kota Mekkah Semoga dapat bertambah cinta kita kepada Islam dan Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam.Wassalam

Keistimewaan Kota Mekkah Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah