berita terbaru islam dan berita update

4/07/2016

Tanaman Bunga yg Berkhasiat Obat Herbal

Bunga merupakan tanaman hias yg banyak digemari,tak hanya kaum Ibu, tetapi tak sedikit para Bapak yg menyukai bunga. Ada banyak makna dibalik bunga-bunga indah yg tumbuh dipekarangan kita–bukankah begitu? … Kalau ingat Bunga mawar,Ingat masa muda ya Bu?:D Nah siapa sangka bunga mawar merah yg indah itu sebenarnya juga berkhasiat obat selain sebagai tanda cinta.Ada juga bunga melati atau jasmine,bunga sepatu,bunga Anggrek,bunga seruni,bunga matahari,seluruhnya adalah bunga yg berkhasiat dan sebenarnya masih banyak lagi–bahkan diantaranya juga sesuai dimakan bersama bahan makanan lain.

Berikut jenis tanaman hias – bunga indah yg berkhasiat obat

Bunga seruni atau krisan
Beberapa negara diantaranya Jepang dan Korea,bahkan menggunakan bunga ini sebagai hidangan.Di Jepang bunga krisan diolah dengancara digoreng dengan tepung tempura. Kalau Korea bahkan menggunakan bunga ini secara masih mentah yg dicampur kedalam makanan.Khasiatnya dapat memperlancar proses pencernaan usus dan membantu mencegah gangguan yg sering terjadi pada usus.

Bunga Rosella
Kalau dulu kelopak bunga Rosella tau juga disebut frambozen digunakan sebagai bahan pembuat pewarna merah alami pada sirup dan memberikan aroma khas.Namun sekarang tak diragukan lagi khasiatnya,kartena kelopak Rosella sangat  dikenal sebagai bahan minuman dan disebut dengan teh Rosella.Rosella mengandung kadar antioksidan yg tinggi, sehingga mencegah penyakit kronis yg disebabkan oleh radikal bebas seperti penuaan dini,ginjal,diabetes,jantung koroner,hingga kanker.carasederhana membuat teh rosella:Pilih kelopak yg berwarna pekat dan tebal karena lebih berkhasiat.Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar,cuci bersih,kemudian seduh dengan air panas satu cangkir.Bisa diminum 3 kali 1 hari,dan kalau suka bisa ditambahkan madu.Kalau bunga kering,tinggal ambil 5 kuntum dan seduh dengan air panas.

Bunga lavender
Bunga lavender umum dimanfaatkan dengan diambil minyaknya.Minyak esensial bunga lavender mempunyaibermacam khasiat.Misalnya eetetes minyak lavender yg dibakar digunakan sebagai aromaterapi dan bisa meredakan sakit kepala.Setetes minyak esens lavender yg ditaruh dibantal dapat memberikan efek relaksasi dan menginduksi tidur.

Bunga Mawar
Tanaman Bunga yg Berkhasiat Obat Herbal

Sari mawar umum digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan wain,saus salad,serta penambah rasa dan aroma pada kue,kue puding,selai,dsb.Bunga Mawar mengandung banyak vitamin C dan sangat aman utk dikonsumsi manusia.Kelopak bunganya bahkan dapat dimakan mentah utk meningkatkan sirkulasi darah,dan bisa juga meringankan depresi.selain itu,bunga teh bunga ros juga bekerja sebagai pencahar ringan.Pasta atau krim yg terbuat dari mawar bisa diguanakan utk memperbaiki kondisi kulit,terutama pada wajah.

Bunga Bougenvile
Bougenville atau kembang kertas juga mempunyaikhasiat obat.Meminum air rebusan bogenvile dapat mengobati keputihan dan melancarkan datang bulan buat kaum wanita. selain itu,Bougenville juga berkhasiat melancarkan peredaran darah,dan membantu penyembuhan pada pasien penderita hepatitis.

Bunga Soka
Soka juga dikenal dengan Kembang Jarum memiliki nama ilmiah Ixora coccinea ialah bunga yg cantik,mudah ditanam bahkan hanya dengan stek,rimbuin,dan sangat sesuai dijadikan sebagai pagar hidup.Bagi para wanita,bunga ini tidak hanya indah,karena buat wanita yg menderita menorhagia atau haid yg berlebihan,tanaman bunga ini bisa berfungsi sebagai astringent yg bekerja sebagai pereda stres buat otot-otot rahim.Caranya ambil sekitar 4 ons kulit tanaman Soka dan rebus dengan dua cangkir air lalu direbus sampai menyisakan setengah cangkir.Efeknya sangat signifikan jika diminum 2-3 kali 1 hari bagi kondisi haid yg berlebihan.Kandungan kulit dari tanaman Soka ini bekerja pada serat otot rahim,kemudian merangsang endometrium serta jaringan ovarium sehingga haid yg berlebihan bisa diatasi.

Bunga Miana
Miana atau dengan nama ilmiah Coleus hybrid sangat indah dengan warna daun-daunnya yg cerah.Tanaman bunga ini adalah obat yg ampuh bagi penderita wasir.Caranya,rebus sepuluh lembar daun bunga Miana yg ditambah dengan satu sendok adas dan seruas pulosari kedalam 2 cangkir air.Godok sampai mendidih hingga menyisakan air satu cangkir. Minum air rebusan ini sebanyak 2-3 kali saja 1 hari.

Bunga tulip
Bunga tulip dapat dimanfaat utk mengatasi kondisi sulit tidur atau anemia,bahkan mengobati luka memar,kepekatan darah yg tidak normal,kanker darah,tekanan darah tinggi, darah rendah,gangguan sirkulasi darah,sakit punggung.BUnga tulip merah dapat mematikan parasit dalam darah.

Bunga tulip ini yg digunakan sebagai obat herbal utk kondisi diatas adalah umbinya.Umbi bunga tulip bisa dimakan sebagai sajian kuliner.Orang menggunakan umbi tulip biasanya utk pengganti bawang merah pada memasak sup.

Bunga kamomil atau bunga daisy
Bunga daisy atau juga disebut bunga kamomil udah lama dikenal bermanfaat,dan udah banyak tersedia dalam bentuk kering utk teh serta dalam bentuk minyak esens.Bunga yg sanggup menyemarakkan taman dengan keindahannya ini juga dikenal bisa menyembuhkan beberapa penyakit dan mengurangi stres,relaksasi dan menurunkan ketegangan otot.Daun dan bagian petal bunga ini dapat dimakan,serta bisa juga digunakan sebagai teh utk menyembuhkan sakit tenggorokan atau sakit perut.
Baca Juga:Jenis-jenis ikan hias air tawar

Bunga melati atau Jasmine
Yg terakhir adalah bunga melati ataua jasmin.Siapa yg tak kenal dengan bunga yg satu ini, bahkan orang diberbagai penjuru dunia.Bunga jasmine bisa dibuat sebagai teh yg sedap, dan bisa memberikan khasiat utk membantu mengatasi masalah pencernaan,sakit maag dan ulkus.Menghirup minyak jasmine sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia dan kecemasan. 

Tanaman Bunga yg Berkhasiat Obat Herbal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.