loading...

Tata Cara Shalat Sunat Taubat

Tata Cara Menunaikan Shalat Sunnah Taubat::Yang dikatakan dengan sh0lat Taubah ialah sholat yg dilakukan oleh seseorang dikarenakan menyesalkan perbuatan-perbuatan maksiatnya, dan ia janji tak akan mengulangi pekerjaan itu lagi. Adapun hukum-hukum mengenai sholat sunat Taubat ialah sebagaimana sudah diketahui bahwasanya selain sholat fardu 5 waktu ialah hukumnya sunnah.

Tata Cara Shalat Sunat Taubat

Mengenai waktu melakukannya ialah sewaktu-waktu (kapan saja) merasai berdosa baik kepada manusia terlebih lagi kpada Allah SWT. Maka bergegaslah bertaubat kpada Allah SWT janganlah sampai telat melakukan sholat taubah.

Lafad Niat Sholat Sunah Taubah :
'USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK,ATAINI ADA'AN LILLAHI TA’ALA. ALLAHU AKHBAR. YANG Artinya : “Aku niat untuk shalat sunnah taubat dua raka'at karna Allah Ta’ala.

Untuk bilangan raka'atnya ialah bisa dilakukan dua, empat dan enam raka'at. 

Anjuran Nabi untuk Shalat Sunnah Taubat

Sabda Rasulullah Muhammad SAW : “Bahwasanya Tak ada dari salah seorang yg pernah melakukan dosa,Kemudian bangun (bergegas) dan berthaharah (bersuci) Kemudian menunaikan shalatnya, Lalu meminta ampunan kpada Allah, kecuali Allah akan memberi ampun bagi ia. Lalu membaca ayatnya : (Yg artinya) : “Mereka waktu melakukan keburukan atau menganiayaa (melakukan dosa) pada dirinya sendiri Lalu mereka (bersegera) berzikir (mengingat) Allah,Seterusnya meminta ampunan atas kesalahan mereka dan siapa yg mengampunkan segala dosa, (tak ada yg lain) melainkan hanya Allah. Dan (mereka yg sadar dan insyaf dan janji kpada Allah) tak akan mengulangi pekerjaan mereka (seperti yg sudah lalu), maka akan mendapat balasan suatu ampunan dari Tuhan mereka (Allah ta'ala) dan syurga yg mengalir dibawahnya sungai-sunggai, (disanalah) tempat mereka yg kekal abadi”. (Hadisth Riwwytnya. Abu Daud,an-Nasa’I, Ibnul Majjah dan al Boihaqi).
 

Dalil itu memberi maknanya kepada kita yakni shalat Taubah merupakan amat dianjurkan bagi melakukannya,yg utama sekali untuk orang yg sering melakukan dosa baik sesama manusia ataupun terhadap Allah ta'ala. Oleh sebab itu,rajin dalam melakukannya supaya kita nantinya pulang kpada Allah sebenar-benarnya bersih dari dosa yg stiap waktu kitaa melakukan,baik yg kita sadar atau yg tak sadar,lagipula ini zaman sudah trang-terangan para wanita yg suka pamerkan aurat didepan umum, yg pastinya adalah sumber dosa untuk kita semua laki-laki apalagi jika tak mau memejamkan mata kita.baca juga: tata cara shalat istikharah

Do'a Sesudah Melakukan Shalat Taubat

Selesai menunaikan shalat sunnah Taubat,banyakan membaca istighfar yg minta memohon ampunan pada Allah ta'ala dan bertaubat (kembali pada Allah) dngan taat atas segala perintahNya dan menjauhkan diri dari semua laranganNya.berikut Inilah Do'a dan Istighfar yg dibacakan : 

Tata Cara Shalat Sunat Taubat

Yang artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah Yg Maha Agung.zat yg takada Tuhan melainkan DIa Yg Maha Hidup lagi Berdiri Dengan sendirinya dan saya bertaubah untuk-Nya (Dibacakan 70 kali). 

wahai Allah, ampunkanlah seluruh dosa-dosaku yang telah lalu dan yang akan datang, yang aku rahasiakan, yg aku nampakkan dan yg Engkau lebih mengetahuinya dari aku. Engkaulah zat Yg Maha Dahulu dan Engkaulah Yg Maha Akhir. Tak ada Tuhan melainkan Engkau Wahai Allah,BAHWAsanya aku telah menganiaya diri sendiri dngan penganiayaan (dosa) yg banyak dan tak ada yg (mampu) mengampunkan kecuali Engkau. Maka ampunkan aku dengan ampunan yang dari sisi-Mu dan belas kasih kasihanilah aku sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.Wallahu 'alam,terimakasih,Semoga bisa jadi menambah pengetahuan para pembaca sekalian,Aamiin.

Tata Cara Shalat Sunat Taubat Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah