Tanda-Tanda Husnul Khotimah

Tanda-Tanda Meninggal Husnul Khotimah | Assalamuailakum sodara-sodaraku ...Segala puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam Yang Telah Menciptakan Manusia Dengan Sebaik-baik makhluk dipermukaan bumi ini,dan umurnya telah Ditentukan yang pada akhirnya akan merasakan mati.dan untuk kali ini
sayaa ingin berbagi artikl tentang tanda-tanda husnul khatimah yang barangkali pernah kita lihat lansung dalam kehidupan kita sehari-hari.dan dapat memotivasi kita atau bertambah ilmu.

 Dan Berdasarkan hadis shahih, tanda husnul khotimah yang bisa dilihat oleh manusia jumlah-nya lebih dari 15 tandanya , diantaranya : 
  • Wafat dengan mengucapkan kalimah syahadat waktu sakaratul mautnya 
  • Wafat dengan ber keringat di dahinya 
  • Wafat pada waktu sedang beramal shalih 
  • Wafat di medan tempur demi berjuang kalimah tauhid Allah 
  • Wafat pada waktu hari jum’at
  • Wafatnya Sebab wabah tho’un
  • Wafatnya dikarenakan sakit perut
  • Wafatnya disebabkn penyakit TBCnya
  •  Wafatnya sebab penyakit radang selaput dadanya  
  • Wafatnya dikarenakan terhanyut atau tenggelamnya 
  • Wafatnya dikarenakan terbakarnya
  • Wafatnya disebabkan tertimpa reruntuhan bangunan  dan 
  • Wafatnya membela harta dan kehormatannya

Firman Allah Dalam Al-qur,an:
كُلُّ  نَفْسٍ ذَائِقَةُ  الْمَوْتِ  وَإِنَّمَا  تُوَفَّوْنَ   أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ  فَمَنْ  زُحْزِحَ  عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ  الْجَنَّةَ .. (185)
Tiap-tiap yang bernyawa pasti merasai mati .dan Sesungguh-nya kepada hari kiamat saja-lah disempurna-kan pahala kamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga. (QS. Ali -Imran ayat 185)
Tanda-Tanda Husnul Khotimah

Isyarat Husnul Khotimah Dalam Al-qur'an

 Isyarat Husnul Khotimah telah dikabarkan dalam Al-qur'an  tentang orang yang dimatikan dalam 
 keadaan kebaikan dan tergolog orang beruntung:
الَّذِ ينَ تَتَوَ فَّاهُمُ  الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ  يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا  كُنْتُمْ  تَعْمَلُونَ (32)


“(yakni) orang yang dimatikan dalam Kondisi kebaikan oleh Para Malaikat-Malaikat Allah dengan berkata (untuk mereka):''salaamun'alaikum , masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan  apa yang sudah kamu lakukan ". (Qs. An-Nahlu ayat nya: 32).


 Dan dalam Hadist,Rasulullah SAW Pernah bersabda:
إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالْخَوَاتِيمِ
Sesungguhnya amal perbuatan itu bergantung  pada akhir-nya. (Shhih, H.R. Ibnu hibban ( 340 ).

Sufyan ats-tsaury rahimahullah ialah salah  satu contoh ulama yang mempunyanyi ketakutan yang luar biasa pada hal perkara husnul khotimah. Beliau pada suatu masa pernah menangis dan lalu  berkata: ”Saya takut akan hilangnya iman tatkala ketika datangnya kematian”.

Pengertian Husnul Khotimah

Husnul khatimah adalah suatu keadaan yang mana  salah seorang hamba-Nya diberi hidayah  sebelum datangnya kematian oleh Allah SWT. Supaya dapat meninggalkan semua perbuatan maksiat yang membawa 'azab Allah Ta’ala, dan hamba itu diberikan hidayah Allah ta’ala supaya bertaubat dari semua kesalahan dan dosa dan bersegeralah untuk mengerjakan ketaatan dan perbuatan kebaikan, lalu ia meninggal  di usianya dalam kebaikannya.

Artikel yang Bermamfaat Lainnya: Kehidupan Sesudah Mati Dalam Islam
Tanda-Tanda Husnul Khotimah

Secara umum, husnul khotimah mempunyanyi (2) dua tandanya, yaitu adalah  tanda yang bisa dilihat langsung oleh si mayat dan tanda-tanda yang bisa dilihat oleh manusia.

Adapun tanda husnul khotimah yang bisa dilihat oleh si mayat ialah: berita senang yang diberi kepadanya ketika kematiannya, berita bahagia tersebut berupa riza Allah Ta’ala untuknya dan dia akan mendapat kemuliaan dari Allah. Hal perkara ini merupakan contoh karunia  Allah  kepada hambanya.

Firman Allah Taa'la dalam Al-qur'an:
 
إِنَّ  ا لَّذِينَ  قَا لُوا رَ بُّنَا  اللَّهُ  ثُمَّ  اسْتَقَا مُوا  تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ  الْمَلَائِكَةُ  أَلَّا تَخَافُوا  وَلَا  تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُو ا بِالْجَنَّةِ  الَّتِي كُنْتُمْ  تُوعَدُونَ (30)
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan bahwa Tuhan kami ialah Allah lalu mereka istiqa mah diatasnya maka malaikat-malaikat akan turun pada mereka (dan berkata): janganlah kamu merasa khawatir dan janganlah kamu bersusah hati berbahagialah kamu dengan (mendapat) surga yang sudah dijanjikan padamu ”. (Qs. Fushshilat :ayat :30 ).

Imam Bukhari dan imam Muslim merngkisahkan di dalam kitab shohih. dari Ummu mukminin ‘Aisyah ra.dan beliau berkata, Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa cinta berjumpa dengan Allah, maka Allahpun cinta berjumpa  dengannya,dan sebalik-nya  barangsiapa yang tidak suka berjumpa Allah, maka Allahpun benci berjumpa dengannya ”. lalu ‘Aisyah ra berkata: “Wahai nabi Allah apa yang engkau maksud ialah kebencian terhadap mati ?, Sesungguhnya kita semuanya tidak suka kematian”. Rasulullah Saw menjawab: “tiada begitu , akan tapi orang mu'min bila dia diberikan  kabar bahagia dengan rahmat, keridhaan dan syurga Allah, ia cinta berjumpa dengan Allah, dan sebaliknya orang kafir jika dikabarkan padanya tentang azab dan murka Allah, ia benci berjumpa  dengan Allah, maka Allah juga benci berjumpa dengan-nya”.

Demikianlah semoga artikel Tanda-Tanda Husnul Khotimah bermamfaat bagi sodara-sodaraku yang se iman,
Seluruh tanda yang tersebutkan diatas itu berdasarkan hasil peninjauan dan kajiannya para alim ulama salaf terhadap dalil-dalil dan nas  yang ada dan terdapat dalam kitab-kitab dan hadits.
[ Sumber: Kisah-Kisah Mansyur bin Naasir  al Awaji , penerbitnya  Darussunnah .]
 

Tanda-Tanda Husnul Khotimah Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah