berita terbaru islam dan berita update

5/25/2017

Keistimewaan Malam Jumat Menurut Islam

Amalan Malam Jumat yg Perlu Diketahui Muslimin
Malam Jumat menjadi malam yg ISTIMEWA bagi kaum muslimin.Hal tersebut disebabkan oleh keutamaan hari Jumat ketimbang hari lainnya.Jumat bisa disebut hari raya mingguan umat Islam.Sebagian kaum muslimin bahkan meliburkan diri dari kegiatan duniawi yg dia jalani.Mereka ingin memfokuskan diri utk beribadah dan menghamba pada Allah SWT.

Simak amalan yg dilakukan pada malam JUM'ATagar ibadah kita makin pol.

Memperbanyak shalawat

Amalan yg sebaiknya dilakukan pada malam Jumat ialah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Diriwayatkan dari Aws bin Aws,Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya hari yg paling mulia bagi kalian adalah hari Jumat.Pada hari itu Nabi ADAM AS diciptakan,di hari itu ditiupkan ruh,dan pada hari itu dilaksanakan siksaan.Karena itu maka perbanyaklah membaca shalawat kepadaku.Sebab shalawat yg kamu baca pada hari itu akan didatangkan kepadaku.Lalu salah seorang sahabat bertanya : ‘Wahai Rasulullah bagaimana mungkin shalawat yg kami baca itu bisa dihadapkan kepadamu,padahal engkau telah hancur dimakan BUMI? ’ Rasulullah SAW menjawab : ‘Sesungguhnya Allah ’Azza wa Jalla mengharamkan bumi utk memakan jasad para Nabi-Nya. ” (HR Ibnu Majah, 1075)

http://infomasihariini.blogspot.com/2017/05/keistimewaan-malam-jumat-menurut-islam.html

Dilansir dari republika, berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari membaca shalawat kepada Nabi,di antaranya :

Mempermudah doa diijabah

"Setiap doa akan terhalang (utk dikabulkan)hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya. " (HR Thabrani).

Dijanjikan pahala berlipat.

Rasulullah SAW bersabda,"Barang siapa yg bershalawat kepadaku sekali,maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali."(HR Muslim,Abu Dawud,Tirmidzi,dan Nasa’i).

Diangkat derajatnya

Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya.Para sahabat bertanya," Ya Rasulullah,pagi ini Engkau kelihatan bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu. Beliau bersabda,"Memang benar.Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yg Mahaagung.Dia berkata,'Barang siapa di antara umatmu yg bershalawat kepadamu sekali,maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan,meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'. " (HR Ahmad).

Dikumpulkan di surga bersama Nabi

Rasulullah SAW bersabda, " Manusia yg paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yg paling banyak membaca shalawat kepadaku. " (HR Tirmidzi).

Mendapatkan syafaat Nabi

Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya orang yg bershalawat kepadaku sekali,maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.Lalu,mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yg tidak akan dikaruniakan,melainkan kepada salah satu hamba Allah.Dan,aku berharap bahwa akulah hamba tersebut.Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat. " (HR Muslim).

Membaca Surat Al-Kahfi

Seperti yg kita ketahui bersama,membaca surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan yg sunnah dilakukan pada malam dan hari Jumat.Jika kita membaca surat ini,banyak manfaat yg akan kita dapat,di antaranya :

" Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at,maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq."(HR Al-Hakim) (Dilansir dari akhlakmuslim (dot) com)

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at,maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya, ” (HR-Dailami).

“Siapa yg membaca dari Surah Al-Kahfi,maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yg membaca keseluruhannya,maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi, ” (HR Ahmad)

Memperbanyak Doa

Khusus di hari Jumat,Allah memberi waktu yg mustajab utk berdoa.Karena waktunya dirahasiakan,maka kita disarankan utk memperbanyak doa sepanjang malam dan selama hari Jumat.Siapa yg tahu jika doa kita yg kesekian ini akan diijabah oleh Allah bukan ?

Masya Allah,begitu mudahnya Allah memberikan pahala kepada hamba-Nya yg mau berusaha.Semoga kita dikategorikan hamba-Nya yg beriman dan bisa berkumpul bersama di akhirat nanti.
Keistimewaan Malam Jumat Menurut Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER