berita terbaru islam dan berita update

3/09/2017

Hikmah Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Pahala Keutamaan Amalan Beribadah Bulan Dzulhijjah dan juga tips strategi cara memperoleh keutamaan bulan dzulhijjah ini yang disebut salah sebulan mulia dalam kalender Islam kadang-kadang kita lupakan.

Bln Dzulhijjah ini yang disebut bln paling akhir dalam th Hijriah adalah salah sebulan yang mulia serta tentu juga sebagai umat muslim kita pasti mengetahui serta tahu bakal bulan Dzulhijjah itu Bila menyebutkan bln Dzulhijjah,tentu yang terlintas dalam pikiran kita yaitu bln Haji dan juga hari lebaran kurban.

Tulisan ini diperoleh idenya dari saudaraku dalam salah satu entrinya yang bertopik tentang Keutamaan Serta Hikmah Qurban serta mudah-mudahan juga dengan kita dengan tahu bakal keutamaan Bln Dzulhijjah ini bakal memberi kita semangat untuk tingkatkan keimanan dan juga ketakwaan kita seluruhnya.

Dua bln kita berpisah dari Ramadhan serta sepekan lagi kita bakal bersua dengan bulan Dzulhijjah.Bila bln Ramadhan kerap dikatakan sebagai madrasah Ramadhan,Dzulhijjah dapat juga dimaksud dengan Madrasah Dzulhijjah, mengingat banyak nilai tarbiyah di dalamnya.Pada keutamaan amal-amal kebaikan di bulan Dzulhijjah juga banyak keutamaan yang menempel pada beberapa beribadah spesial pada bln mulia itu

http://infomasihariini.blogspot.com/2017/03/hikmah-keutamaan-bulan-dzulhijjah.html

persiapan idul adha
Dibawah ini sebagian Keutamaan Keberkahan Kemuliaan Bln Dzulhijjah didalam Islam diantaranya yaitu sebagai

Menunaikan Beribadah Haji
Hikmah pahala keutamaan menunaikan beribadah haji di tanah suci Mekkah yaitu palingg besar.Bahkan juga apabila memperoleh pahala haji mabrur balasannya yaitu surga.Di antara pelajaran yang demikian terlihat dari beribadah haji ini yaitu adalah deklarasi persamaan derajat manusia didalam Islam.

Islam tidaklah agama yang menjaga atau mensupport diskriminasi atas basic warna kulit serta suku bangsa.Allah bukan membedakan manusia dari sisi hartanya,popularitas,ataupun jabatan serta kekuasaannya.Karena itu berkumpullah jutaan orang di Masjidil Haram,211 ribu salah satunya dari negara terkasih ini yakni Indonesia.

Serta mereka yang menunaikan beribadah haji dalam situasi setara seluruhnya. Seluruhnya berbaur jadi satu juga sebagai hamba Allah yang melaksanakan ibadah tidak ada bedanya pada presiden serta rakyat umum,tidak ada bedanya pada direktur serta petani-petani desa.Bahkan juga waktu ihram,sekaya serta setinggi apa pun jabatan seorang,mereka seluruhnya sama cuma berbalut kain ihram yang bukan berjahit.

Tersebut juga adalah salah satu dari demikian banyak Hikmah Menunaikan Beribadah Haji.

Hari Raya Idul Adha
Menggerakkan  Shalat Idul Adha.Amalan spesial di bln Dzulhijjah selanjutnya yaitu Shalat Idul Adha.Jumhur ulama’ menuturkan bahwa hukumnya sunnah muakkad,serta terdapat banyak ulama’ yang memiliki pendapat hukumnya harus.

Bila pada shalat idul fitri disunnahkan makan terlebih dahulu saat sebelum pergi shalat,berikut shalat idul adha yaitu kebalikannya yakni disunnahkan makan sesudah shalat id.Serta sesudah sholat ied idul adha baru menyembelih hewan qurban.

Berqurban Di Hari Raya Idul Adha
Demikian banyak faedahhhikmah dalam berqurban yang bisa kita dapatkan dalam menggerakkan syariat agama Islam ini.Amal yang lain yang paling istimewa serta spesial di bln Dzulhijjah ini yaitu qurban.

Beribadah qurban ini dapat sarat dengan nilai tarbiyah.Bahkan juga hostori disyariatkannya qurban pada saat Nabi Ibrahim yaitu histori pengorbanan, ketaatan,dan cara taurits didalam keluarga muslim.Kita saat ini bukan diperintahkan untuk menyembelih Ismail-ismail kita,namun menyembelih kambing,domba,sapi,atau unta juga sebagai bentuk ketaatan serta pengorbanan kita pada Allah SWT.

Dalil keutamaan berqurban yaitu dalam dalil hadist Rasulullah Shallallah 'alaihi wa sallam.Hadits dalil keutaamaan berqurban salah satunya yakni : " Bukan ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Kurban yang lebih di cintai oleh Allah sejalan menyembelih hewan.Sebenarnya hewan kurban itu nantinya pada hari kiamat akan tiba beserta tanduk-tanduknya,bulu-bulu,serta kuku kukunya. Sebenarnya saat sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah, pahalanya sudah di terima Allah.Berikut tenangkanlah jiwa dengan berkurban. " (HR. Tirmidzi)
Hikmah Keutamaan Bulan Dzulhijjah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER