berita terbaru islam dan berita update

12/30/2016

Inilah 3 Sumpah Rasulullah Ini Sudah Terbukti di Dunia

Baginda Rasulullah ﷺ adalah teladan yg bisa dikatakan sempurna.Segala gerak-geriknya secara prinsip bisa kita terapkan pada zaman apapun.Ingat pada prinsipnya.Ada satu hal yg perlu kita baca lagi tentang beliau.

Yaitu tahukah anda bahwa Rasulullah ﷺ telah mengatakan tiga sumpah.Dimana sumpah itu sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita sekarang ini.Beliau mengatakannya ketika akan menghembuskan nafas terakhir.Apa sajakah sumpah yg dikatakan oleh Rasulullah?

Dalam sebuah riwayat hadis disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Ada tiga perkara yg aku bersumpah atas ketiganya yaitu tidak berkurangnya harta karena sedekah,maka bersedekahlah.Tidaklah seseorang yg memaafkan perbuatan orang yang dzalim kepada dirinya,melainkan akan Allah tambah dengan kemuliaan.Dan tidaklah seseorang yg membuka pintu atas dirinya utk meminta-minta kepada manusia,melainkan akan Allah buka untuknya pintu menuju kefakiran, ” (HR. Ahmad dan Al-Bazar).

Hadis ini diambil dari kitab Kunuz as-Sunnah an-Nabawiyah oleh Bari’ Irfan Taufiq pada juz I halaman 138.Di dalam kitab Shahih al-jami’,Syaikh Albani berkata bahwa hadis ini shahih.

Mengutip kumpulanmisteri.com,hadits tersebut menjelaskan tentang tiga hal yg disumpahi oleh Rasulullah yaitu ;

http://infomasihariini.blogspot.com/2016/12/inilah-3-sumpah-rasulullah-ini-sudah.html

1. Harta Tidak Berkurang karena Sedekah
Hal tersebut merupakan sumpah nabi yg pertama.Segala amalan shaleh berupa sedekah, infak dan zakat yg dilakukan di Jalan Allah Ta’ala tidak akan membuat kekayaan dan kepemilikan harta seseorang berkurang.Justru sebaliknya,dengan bersedekah rezeki yg didapatkan akan bertambah berkali lipat.

Pernahkah anda mendengar,gara-gara bersedekah seseorang jatuh miskin?Tidak ada, namun malah kebalikanya dan ini sudah sangat banyak sekali contohnya dan tak perlu disebutkan satu persatu.

2. Orang yg Bersabar di Atas Penganiayaan Diberikan Kemuliaan
Di antara hikmah adanya orang yg dzalim adalah anjuran bagi kita utk berlaku sabar dan tidak meladeni kedzalimannya tersebut.Sumpah Rasulullah yg kedua ini secara tidak langsung akan menjadi penawar bagi orang yg teraniaya.Bukan hanya sekadar penawar, namun kemuliaan tinggi di sisi Allah-lah yg ditawarkan.Maka,percayalah bahwa Allah tidak akan memandang remeh orang-orang yg bersabar dari penganiayaan terhadap dirinya melainkan ganjaran besar yg menanti.

Faktanya dalam kehidupan disekitar kita pasti bisa kita lihat pada zaman yg sudah semakin tua ini.Padahal kita masih berada di bumi Allah,sedangkan kemuliaan tersebut akan diberikan suatu saat nanti di alam ygyang lebih kekal.

3. Meminta-minta merupakan Pintu Kefakiran
Islam mengajarkan kepada umatnya utk mencari rezeki dengan cara yg terhormat dan mencela budaya meminta-minta.Oleh sebab itu,Islam memandang mulia orang-orang yg berusaha mencari rezeki secara halal.Dan sebaliknya bila mendapatkan harta hasil usaha mengemis bukanlah sesuatu yg patut utk dibanggakan.

Bahkan,Rasulullah sendiri pernah menyebutkan bahwa seseorang yg membawa tambang lalu pergi mencari dan mengumpulkan kayu bakar.Lantas dibawa ke pasar dan dijual, kemudian uangnya digunakan utk mencukupi keperluan diri.Maka,hal tersebut lebih baik ketimbang orang yg meminta-minta yg terkadang diberi dan terkadang lagi ditolak.

Sangat jelas sekali hal tersebut terjadi.Mereka yg bekerja dengan kucuran keringat sendiri akan merasakan nikmat dan syukurnya mendapatkan rezeki meski sedikit tetapi dicukupkan.Berbeda dengan orang yg meminta-minta dimana mereka akan terus merasa kurang dan tak pernah ada puasnya.
Demikianlah tiga substansi sumpah Rasulullah bagi seluruh umatnya.Sekarang tinggal bagaimana sikap kita menghadapinya.Apakah berusaha utk menjalankannya atau tidak. Dan sungguh beruntunglah orang-orang yg bisa mengamalkan perintah dan anjuran Rasulullah ﷺ tersebut .Wallahu ’alam.
Inilah 3 Sumpah Rasulullah Ini Sudah Terbukti di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.