berita terbaru islam dan berita update

7/16/2016

25 Keutamaan Membaca Al Qur’an

Al Qur’an merupakan kitab suci yg Allah turunkan kepada Nabi besar Muhammad SAW. Sebagai pedoman hidup untuk para hambanya yg bertakwa.Dia merupakan cahaya bagi orang mukmin,cahaya dalam kehidupan dan cahaya ketika dihari Kiamat nanti.

Al Qur’an telah ada sebelum bumi diciptakan dan Al Qur’an pun akan tetap ada meski dunia ini telah hancurkan.Keistimewaanya tidak ada yg bisa menandingi baik dari segi bahasa, sastra dan ilmu pengetahuan.Semua berisi fakta sebelum kejadian dunia maupun setelahnya.Karena Memang Al Qur’an merupakan karya Allah yg teragung utk para hambanya yg mukmin.

Untuk itu lah,Allah akan memberikan ganjaran yg sangat besar bagi siapa yg membaca dan mengamalkannya.Dibawah ini kami merangkum beberapa keutamaan membaca Al Qur’an dan mengamalkannya dari hadist-hadist pilihan Rasulullah SAW.Semoga apa yg dinukilkan ini dapat memberikan kita motivasi utk membacanya serta mengamalkannya.

Berikut 25 keutamaannya :

1. Tiada ada derajat yg lebih tinggi dari pada orang yg suka membaca Al Qur’an

2. Rumah yg didalamnya dibaca Al Qur’an, ahli rumah akan diberi berkah dan kebaikan, malaikat pun turut memenuhi rumah tersebut, dan setan akan keluar. Sebaliknya rumah yg didalamnya tidak dibaca Al Qur’an maka kehidupannya akan dipenuhi kesempitan, ketidak berkahan, Malaikat akan keluar dan setan ikut memenuhi rumah tersebut .

3. Orang yg mengajarkan Al Qur’an pada anaknya pada masa kecil dan selalu membacanya pada masa tuanya akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

4. Membaca Al Qur’an akan memberi nur dibumi dan simpanan bagi kita dilangit dan rumah yg didalamnya dibaca Al Qur’an akan menyinari bebrapa ahli langit seperti bintang-bintang menyinari bumi.


5. Tanda-tanda kecintaan Allah SWT adalah bahwa Allah SWT memasukkan rasa cinta pada Al Qur’an dalam hati seseorang (selalu ingin membacanya)

6. Seorang muslim yg hendak berbaring ditempat tidurnya lalu ia membaca salah satu surat dari Al Qur’an, Allah akan tugaskan satu malaikat utk menjaganya, dan bukan ada satu bahaya pun akan mendekatinya, sehingga ia terjaga kapan saja


7. Seseorang yg sibuk membaca, menghafal, mempelajari, memahami Al Qur’an sehingga tidak mempunyai waktu utk berdoa maka Allah SWT akan memberikan sesuatu yg lebih utama dari pada yang di dapatkan pada orang yg berdoa.

8. Siapapun yg membaca 10 ayat dari Al Qur’an didalam satu malam, maka dicatat banginya pahala 1 qintar, dan 1 qintar itu lebih baik dari pada dunia dan serta segala seisinya


9. Orang yg beriman pada Al Qur’an dan mengamalkannya maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya dan akan memuliakannya didunia dan diakhirat.

10. Dengan membaca Al Qur’an dan banyak mengingat maut akan menyebabkan hati bersinar dan akan memantulkan sifat ma’rifat yang terang (pengkilat hati yg seperti besi berkarat dalam air)

25 Keutamaan Membaca Al Qur’an


11. Bacaan Al Qur’an dalam shalat lebih baik ketimbang bacaan Al Qur’an diluar shalat. Bacaan diluar shalat lebih baik dari pada membaca tasbih dan takbir, bacaan tasbih lebih baik dari pada puasa dan puasa adalah perisai (penghalang) api neraka.

12. Orang yang ahli dalam Al Qur’an (benar-benar menghafalnya, sering membacanya, memahami makna dan maksudnya) dihari mahsyar akan bersama malaikat pencatat yg mulia dan benar dan orang yg terbata-bata dalam membaca Al Qur’an dan bersusah payah mempelajarinya mendapatkan pahala 2 kali lipat (1 dari bacaanya dan 1 lagi dari kesungguhannya dalam berusaha)

13. Barang siapa yg sungguh-sungguh ingin menghafal Al Qur’an tapi tidak bisa, tapi terus menerus membacanya Maka Allah SWT akan membangkitkannya dihari Mahsyar dengan para Hafiz Al Qur’an (Para Hafiz Al Qur’an dapat mensafaati 10 keluarganya yg sudah dijamin masuk neraka kecuali mereka yg syirik dan kafir)

14. Barangsiapa yg menghormati, dan menunaikan hak-haknya dan mengamalkan Al Qur’an. Maka Al Qur’an akan membelanya dihadapan Allah SWT dan memberi syafaat dan menaikkan derajatnya.

15. Barangsiapa membaca Al Qur’an dan mengamalkan apa yg ada didalamnya maka pada hari kiamat dia dan kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih terang dari pada matahari serta dipakaikan pakaian keindahan dan keindahannya tiada ada yg bisa menandinginya.

16. Barangsiapa yg membaca dan menghafal Al Qur’an serta menghalalkan dan mengharamkan apa yg dihalalkan diharamkannya maka Allah SWT akan memasukkannya kedalam surga dan menjaminnya utk memberi syafaat pada 10 orang ahli keluarganya yg diwajikan neraka (kecuali syirik dan Kafir) (Al maidah : 72)

17. Banyak membaca Al Qur’an dapat menguatkan ingatan, membersihkan batin, menguatkan rohani dan mewangikan mulut.

18. Barangsiapa mengajarkan anak-anaknya membaca Al Qur’an maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang.

19. Membaca 1 huruf Al Qur’an maka Allah akan diberi 10 pahala kebaikan (Al an’am : 10)

20. Barangsiapa yg mendengarkan 1 ayat Al Qur’an Al Qur’an akan ditulis 1 kebaikan berlipat ganda dan yg membacanya akan diberi nur pada hari kiamat.

21. Kaum yg berkumpul membaca Al Qur’an dan saling mengajarkan akan diberi sakinah, disirami rahmat, malaikatpun mengerumuni mereka dan Allah SWT menyebut mereka dikalangan mereka disisinya.

22. Barangsiapa membaca 10 ayat pada malam hari maka ia tidak akan ditulis sebagai orang yg lalai, 100 ayat akan dicatat sebagai orang yg taat dan diselamatkan dari tuntutan Al Qur’an, 200 ayat maka ia mendapatkan ibadah pahala semalam suntuk.

23. Barangsiapa membaca Al Qur’an yg dengannya ia mendapat makanan dari manusia (utk tujuan dunia) maka ia akan dibangkitkan pada hari kiamat dengan muka hanya tulang tanpa daging.

24. Sebaik-baik kamu adalah orang yg belajar Al Qur’an dan mengajarkannya
Baca Juga: Inilah Sahabat Nabi Bisa mendengar Siksa Kubur
25. Membaca/mempelajari beberapa ayat Al Qur’an adalah lebih baik dan lebih berharga ketimbang kerajaan seluas 7 benua yg bersifat sementara dan pahalanya bermanfaat utk selama-lamanya.
25 Keutamaan Membaca Al Qur’an Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.