Batu Akik Zamrud dan Harga

Batu Akik Zamrud dan Harga - Batu Akik Zamrud merupakan batu permata berwarna hijau sangat indah jika anda melihatnya,Batu akik zamrud juga memiliki harga dari yang relatif hingga yang tertinggi.

Warna (color): Warna batu akik zamrud paling menentukan nilai suatu kualitas pada satu buah batu akik zamrud.Semakin hijau warna suatu zamrud maka harga pun akan makin tinggi.Yang penting untuk menentukan suatu kualitas Batu akik zamrud adalah warnanya. Warna yang bagus untuk batu zamrud adalah warna hijau terang yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu muram.

Ukuran (size): Makin besar batu zamrud,makin besar harganya.Batu akik zamrud yang kecil bisa dibeli dengan harga yang cocok, karena ada material yang berkurang, dan karena akik zamrud yang kecil jarang ditemui dari zamrud besarnya.

Potongannya (cut): Dalam melakukan pemotongan satu  zamrud lebih baik anda menyerahkan pada ahlinya,karena potongan satu zamrud dapat berpengaruh nilai dan harga zamrud.nilai kualitas dan harga batu zamrud pun ditentukan oleh nilai kualitas potongannya.makin bagus batu zamrud dipotong maka akan mencerminkan sejumlah optimal cahaya.

Kejelasan(clariti): Sebuah batu zamrud memiliki kejernihan yang berbeda-beda.Semakin jernih atau jelas sebuah batu zamrud maka  harga dan kualitas nilainya akan semakin melunjak.Tapi yang  pertama dalam penentuan nilainya,harga dan nilai sebuah batu zamrud ditentukan pada kejernihan (clarity).Hampir semua zamrud alam ini memiliki sejumlah kondisi yang gelap ataupun kelemahan didalamnya, yang dinamakan dengan inklusi.Hal itu bisa diterima batu zamrud memiliki kurang sempurna kejelasan dan kualitas nilai batu zamrud itu tidak rendah.Tapi, ada perbedaan yang signifikan pada batu zamrud yang memiliki banyak sertaan,atau sangat berawan sehingga batu kehilangan transparannya.

Merawat batu zamrud, Imitasi dan Sintesis (Treatments,Sinthetics and Imitation): Hampir semua batu zamrud melalui beragam jenis perawatannya sebelum batu dijadikan perhiasan atau batu akik. Beberapa pengolahaan ini diterima dan ada yang dianggap ada kecurangan. Juga karena nilainya yang sangat mahal,batu zamrud biasa disintesis di lab.Dan kadang si penjual tidak jujur, kemungkinan mencoba menjualkan batu  lainnya sebagai batu zamrud asli. batu zamrud disistetisis pasti harganya sangat berbeda,karena pada  kebiasaannya batu zamrud yang sintesis ini terbuat dari campuran kristal dan kaca.


Dibawah ini gambar batu  zamrud  atau emerald individu dan perhiasan (jewelry) zamrud dianalisa dan ditulis .

Batu Akik Zamrud dan Harga
Ini merupakan batu zamrud potongan menjadi suatu bentuk cabochon (bentuknya bulat atau oval).Batu Zamrud potongan jadi cabochon selalu terang berkurang dan pada dasarnya lebih rendah.Tapi, yang ini memiliki warna hijau yang paling baik yang menjadikannya harga melunjak.batu zamrud ini memilki harga berkisar Rp 200.000 hingga Rp 500.000 /karatnya

Batu Akik Zamrud dan Harga

Ini contoh dari batu zamrud yang berkualitas jelek. jelas ini cukup tidak unik, potongan yang buruk,batu yang kecil,dan yang penting,warnanya membuat anda bosan.Jangan membeli batu zamrud yang seperti ini,kecuali bila anda hanya ingin mempunyai zamrud dan anda memiliki harga rendah. batu zamrud ini memiliki harga sekitar Rp 50.000  / karat.

Batu Akik Zamrud dan Harga
synthetic emerald merupakan Batu Zamrud cincin ini  terang dan sangat bagus, agak terlalu jelas.Bahkan dari karakteristik inklusi adalah indikasi bahwa itu adalah sintetis.Batu yang tak rusak memungkinkan untuk refleksi adabaiknya yang bercahaya hijau.batu zamrud ini memiliki harga berkisar Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 / karat.

Batu Akik Zamrud dan Harga

Ini jenis  zamrud yang harus anda beli. Meski tidak sejelas seperti zamrud di atas, itu lebih berharga karena warnanya menyala hijau zamrud. Kejelasan (clarity) tidak mengurangi secara signifikan dari nilai dan pemotongan sangat baik (semua bercahaya dan aspek bahkan bercermin di bagian bawah).batu zamrud ini memiliki harga berkisar Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 /karat.

Batu Akik Zamrud dan Harga

poor color emerald adalah batu zamrud jelas dan baik dan cukup bagus potongannya (zamrud).Tapi, yang berwarna hijau agak  gelap sedikit. batu zamrud ini memilki harga sekitar Rp 300.000 hingga Rp 800.000 / karat.


Batu Akik Zamrud dan Harga
dull color emerald ini batu  zamrud yang memiliki kejelasan (clarity) dengan banyak whispi inklusi dan patah tulang khas dari zamrud itu. Tapi, yang mencela pertamanya nilai kualitas zamrud adalah yang warna hijau kekuning-kuningan sedikit. Sebuah warna zamrud harusnya lebih hidup dan agak sedikit biru. batu zamrud ini memiliki harga Rp 400.000 hingga  Rp 700.000 /karat.

Batu Akik Zamrud dan Harga


poorly cut emerald adalah sebuah batu zamrud yang sangat jelek potongannya. Kita bisa melihatnya melalui dibagian bawah, yang itu tidak dipotong secara benar,cahaya seharusnya dipantulkan lagi pada mata kita. Seginya pun tidak pecah dan merata. Seperti batu zamrud kebanyakannya, yang  ini tergolong kejelasannya berkurang. Warna dalam batu zamrud ini sangat nyata dan warna sangat pucat. batu zamrud ini memilki harganya Rp 700.000 hingga Rp 900.000 / karat.Baca juga:Manfaat sinar matahari untuk kesehatan

Batu Akik Zamrud dan Harga

Demikianlah penjelasannya mengenai batu akik zamrud dan harganya semoga dapat berguna untuk para pecinta batu akik semuanya.

Batu Akik Zamrud dan Harga Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah