loading...

Batu Akik Ruby dan Kegunaannya

Batu Akik Ruby dan Kegunaannya – Batu akik ruby merupakan batu yang sangat indah,dan saat ini telah menjadi suatu trend di kalangan masyarakat kita. tidak hanya kalangan tua saja.tapi batu akik jaman sekarang dapat mengiurkan kalangan muda. Terutama kaum remaja yang menyukai keindahan batu akik itu.

Batu akik yang terkenal dan banyak dicari oleh para kolektor dan pnggemar batu sekarang adalah batu akik ruby atau disebut juga batu akik warna merah delima.Banyak masyarakat yang berminat untuk memiliki batu akik jenis ini.

Batu Akik Ruby dan Kegunaannya

Ciri Batu Akik Ruby dan kegunaannya

Batu akik ruby yang brwarna merah delima,adalah suatu batuan yang berasal dari mineral korundum atau mineral yang sifatnya  jernih (kristal alumunium).Mineral ini yang menjadikan batu merah delima ini memiliki kekerasan sampai 9.0 dalam skala mohs.

Bila anda melihat dari tingkatan kekerasan batunya,akik ruby termasuk batu akik yang paling keras.Lebih tepatnya di bawah 1 tingkat dari kekerasan yang dimiliki oleh batu berlian.Tentunya untuk membentuk batu ini agar kelihatan lebih indah,diperlukan alat potongan dengan kekerasan yang lebih tinggi.

Sedangkan bila anda lihat batu akik ruby dari sejenis warnanya, batu akik ruby ini memiliki variasi warna merah tua dan merah muda bagai warna darah.warna itu dipancarkan sangat indah sekali. Pancaran warna merah dibatu akik ini dikarenakan adanya kromium atau sejenis logam yang tahan akan korosinya.

Untuk hal modelnya,batu merah delima sebenarnya sangat khas dan berbeda dengan batu mulia pada umumnya.tipe yang ada dalam batu akik ruby hampir sama dengan suatu ciri silang(x).Unikknya ciri silang x itu bisa terpancar cahaya ataupun sinar sendiri ditempat yang gelapnya.

Ada yang mengakatakan,cahaya atau sinar yang muncul dari  batu akik ruby atau baru merah delima ini ialah satu kodam ataupun tuah. Tuah inilah yang menjadi sebab batu akik ruby ataupun batu merah delima selalu menganggap seperti batu pusaka yang sangat bermanfaat untuk yang pemakainya.Baca juga Artikel Bermanfaat lainnya:Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Untuk bisa menemui batu akik jenis ruby ini tidaklah mudah. karena selain langka, batu akik ruby juga disukai dengan harga yang sangat mahal. Kabarnya harga batu akik ruby yang asli dan berkualitas tinggi bisa mencapai harga 100 juta rupiah.

Untuk sekarang ini telah banyak sekali yang menjaja batu mulia di pasaran yang menawarkan batu cincin yang bagus ini. namun, kami sarankan Anda harus lebih waspada pada batu cincin tersebut, lebih-lebih untuk batu akik  ruby yang terjual dengan harga yang  rendah. Karena saat ini telah marak sekali batu akik  ruby yang palsu atau imitasi.

Sekianlah penjelasan singkat mengenai batu akik ruby. semoga info diatas tadi dapat menambah wawasan Anda mengenai batu akik, khususnya  batu akik ruby.

Batu Akik Ruby dan Kegunaannya Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah