Batu Akik di Indonesia Yang Terpopuler

Batu Akik Yang Terpopuler di Tanah Air - Ditahun-tahun terakhir ini lagi demam batu akik yang menyebar kesemua masyarakat kita. Ada sedikitnya 15 macam batu akik sangat dicari peminatnya.Atas dasar survei pada semua pembaca google umumnya  batu cincin ataupun batu permata indonesia, selama tahun 2013 dan 2015 jenis batu akik bacan selalu ada di posisi teratas didalam daftar 5 besar batu cincin atau batu akik diburu. "Untuk kebanyakan orang,batu akik bacan dianggap membawakan keuntungan,"seperti perkkataan Dirut indonesia Sowandi Ghazali (2015).

Dibawah ada daftar 15 batu Akik favorit ada diindonesia.

Batu Akik di Indonesia Yang Terpopuler


1. Batu Akik Bacan
Batu ini metamarfosis selama 360 hari. Jenis ada batu akik obi dan akik doko. Menurut kata Sowandi, batu itu digemari karena pengaruh tren batu berwarna hijau Taiwan. Negara Taiwan banyak membawakan batu cincin berwarna hijau yang disukai karena nilai kualitas dirasa menyejukkan hati dan membawakan hoki.

Ada isu populer batu akik bacan melonjakak karena Presiden SBY pernah menghadiahkan batu akik itu pada Presiden Barrak Obama. "karakter batu akik bacan pun sangat unik," katanya. Harga dulu rendah,sekarang melunjak mencapai hingga Rp 20 jutaan hingga 400 jutaan.

2. Batu Akik Lumut Asal Aceh (Solar Idocrase)
Batu ini adalah  batu yang indah warna hijau lumut dengan bertitik hitam di dalam dan ada pola air pada tengah.Ahli Pakar dan geologi batu cincin di Jawa barat, Sujatmiko,meragui akan isu bahwa Presiden SBY  menghadiahkan batu Akik pada Presiden Obhama(as). "Infomasi yang kita terima, batu cincin SBY sejenis Lumut Aceh(Solar Indocrase)," katanya.
Batu Akik di Indonesia Yang Terpopuler

3. Batu Akik Sungai Dareh (Nephrite Jadeit)
Batu ini adalah kembarannya Batu Lumut Aceh yang memiliki warna yang lebih terang lagi. kebanyakan orang menyebutnya Giok Kandi.Batu ini terkenal setelah dipakai Presiden Amerika Barack Obhama.

4. Batu Akik Berjad Api (Fire Opal)
Batu ini adalah batu warna biru muda jernih yang bila disinari dari belakangnya akan muncul sinar yang terpancar di pinggirannya bagai api.

5. Batu Akik Garut (Natural Greend Calchedony)
Batu Akik Garut ini memilki 5 warnanya dalam 1 batunya, yang biasa dinamai dengan sebutan batu panca warna. Batu jenis ini banyak dicari dan harga sekarang ini mencapai Rp 5 juta per kilogram.

6. Batu Akik Keladen
Ini jenis bebatuan calchedony dengan berwarna kekuningan emas dan pola cangkang seperti kura-kura.

7. Batu Akik Kalimaya (Opal)
Batu akik ini memilki kandungan zat mineral silikan yang tinggi.bila disinari,ada berbagai warna yang muncul. Menurut kata Sujatmiko, batu ini sangat unik,dikarenakan sejauh ini tidak ada didaerah lain diindonesia. "Di Atambua,serta Kupang ada diketemukan opal,tapi tidak seperti yang ada di Banten," ujarnya.

8. Batu Akik methyst (Kecubung)
Batu ini sangat terkenal dimasyarakat baik di indonesia ataupun luar negri. sebenarnya ada negara penghasil batu berwarna indah ini, misalnya di Rusia dan di Sri lanka,serta di Brazil, kanada,di Madagaskar,di Amerika,serta India,dan Namibia. Batu akik Kecubung (Amethyst) adalah batuan mineral kuarsa atau sejenis mineral bentukan kristal heksagonal dibuat dari silikan (silikon dioksidan) dengan tingkat kekerasannya hingga  7 skala mohs.menarik di batu cincin ini memunculkan daya tarik dan tidak dimiliki jenis batu cincin lainnya.

9.Batu akik Bersisik naga 
Batu akik ini khas Enrekang,Salah satu jenis yang langka batu bersisik naga berbentuk emas.batuan alam ini yang termasuk golongan septarian noudles.lebih keras lagi dibanding batu akik jenis lain.Saat digerinda,akik itu sangat keras,hampir sama seperti besi.Masyarakat Enrekang,Sulsel, menduga sisik naga bermotif ini mengandungi emas meskipun belum dibuktikan dengan ilmiah.

10.Batu Akik rafflesia
Batu Raflesia berasal diBengkulu. Red rafflesia diketahui beberapa kali menangkan kontes batu akik diNusantara hingga menjadi incaran para penggemar batu akik ini.batu akik red rafflesia memilki warna unik seperti bunga reflesia. Ada juga berwarna merah.

11.Batu Akik bungur dan Akik anggur api
Jenis batu akik ini berasal dari Lampung,dan Kab.Way Kanan, Lampurang. Kedua batu akik ini memilki ciri khas sendiri. Batu akik bungur warna jernih ada cahaya,isu batu akik ini termasuk kelas batu cincin tingkat dunia. Batu akik bungur pun saat ini mulai sulit ditemui di alam bebas.karena alasan itu, batu yang asal dari Lampung ini memilki harga spesial.Untuk batu akik anggur api warna putih.Di bagian dalam berupa cangkang telur,jika disinari cahayanya akan tampak seperti lidah api yang unik.

12.Batu Akik Pirus Besi
Batu pirus besi sejenis Badar besi atau nama lain biasa dinamai Black and White Obsidians. Batu akik yang memilki tingkatan kerasnya 4,5 skala mohs, ditemui di Ampena, Kab.Tojo Unauna oleh golongan batu akik Tadulako Palu. Batu akik ini memilki keunikan tersendiri dari beragam akik jenis Badar besi yang bisa ditemui dibeberapa tanah air, khusus diBacan. Keunikan kelihatan dari seratnya yang ada didalam batu ini,karena memunculkan bentuk khas dan jika dipadu bersama-sama dengan magnet bersatu.

13.Batu giok natural gold
Giok natural gold berasal di Tanah Gayo (Aceh).jenis batu ini ditemui pada satu sungai dipendalaman Kab.Bener Meriah,(Aceh).Batu berwarna kuning keemasan ini.Batu giok natural gold kadar kekerasannya di 7 skala mohs,termasuk salah satu unik dan langka sekali,hingga wajarlah harga tinggi.
Baca juga:Manfaat sinar matahari untuk kesehatan

14.Batu Akik spritus
Batu ini jenis warna biru atau lebih dikenal dengan nama sprituss,batu ini banyak ditemui di daerah Kab.Ogan Komering Ulu (OKU),Sumsel.Batu jenis spritus berasal dari Batu raja masuk golongan kalsedon.Batu akik ini dikenal dengan nama Blue Sky.warga masyarakat mengenal dengan nama “Batu akik Spiritus” sebab warnanya biru bagai spiritus,yang biasa dipakai buat lampu api.Meski tidak tergolong dalam 10 besar batu cincin yang populer di dunia ini,tapi skala mosh Blue Sky capai 7 monh melebihkan batu Kecubung dan batu Kalimaya.

Batu Akik di Indonesia Yang Terpopuler Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah