berita terbaru islam dan berita update

7/02/2017

Jenis Ikan Cupang yang Mahal

Mengenal jenis ikan cupang,Jenis ikan cupan aduan terbaik,Ikan cupang giant,Makanan ikan cupan,Cara merawat ikan cupan,Ikan laga terbesar,Ikan cupang halfmoon,Betta splendens-Ikan cupang (Betta sp.)dikenal sebagai ikan petarung,agresif dan suka menyerang.Beberapa jenis ikan cupang mempunyai warna tubuh yg menarik,bentuk siripnya indah,gerakannya tenang dan berwibawa. Ikan cupang dipelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan.

Habitat asli ikan cupang tersebar di wilayah Asia Tenggara, meliputi Thailand,Vietnam, Kamboja,Malaysia,Brunei dan Indonesia.Ikan ini banyak ditemukan di rawa-rawa,danau,lubuk,sawah,dan selokan yg menggenang.

http://infomasihariini.blogspot.com/2017/07/jenis-ikan-cupang-yang-mahal.html

Biasanya pehobi mengenal jenis ikan cupang dengan berbagai sebutan nama indah, seperti bulan sepotong (halfmoon), serit (crown tail),laga (plakat),cagak (double tail), dan berbagai jenis silangannya. Nama-nama tersebut ditentukan dari bentuknya, misalnya halfmoon mempunyai sirip yg membentuk setengah lingkaran, serit mempunyai sirip yg bergerigi runcing seperti sisir.

Namun tahukah Anda, jenis-jenis tersebut sebenarnya hanya sebagian kecil dari hasil silangan ikan cupang yg ada di alam?

Klasifikasi ilmiah ikan cupang

Dalam klasifikasi ilmiah, ikan cupang termasuk dalam keluarga Osphronemidae, genus Betta, spesies Betta sp. Menurut Fish Identification, hingga saat ini udah diketahui 73 spesies ikan cupang yg terdapat di alam.

Spesies-spesies tersebut dikelompokkan ke dalam kompleks. Pengelompokkan ini dibuat utk tujuan konservasi, kemudahan budidaya dan penyilangan (breeding). Lihat cara praktis budidaya ikan cupang.

Saat ini terdapat lebih dari 13 kompleks ikan cupang, yg paling populer adalah splendens complex. Antar spesies dalam satu kompleks biasanya bisa disilangkan. Splendens complex terdiri dari lima spesies, diantaranya Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina, Betta imbellis, dan Betta splendens itu sendiri.

Biasanya ikan cupang yg dijual dipasaran berasal dari kelompok splendens complex. Jenis yg paling populer adalah Betta splendens atau sering juga disebut sebagai Siamese fighting fish alias ikan petarung dari Siam. Beberapa silangan dari Betta splendens menghasilkan jenis-jenis ikan cupang yang menarik.

Jenis ikan cupang populer

Seperti udah disinggung sebelumnya, para breeder dan pehobi mengelompokkan jenis ikan cupang berdasarkan penampakan bentuk dan warnanya. Setiap hasil silangan yg mempunyai bentuk dan karakter yg khas, akan diberikan nama tersendiri. Jenis-jenis ikan cupang yg paling populer adalah sebagai berikut.

http://infomasihariini.blogspot.com/2017/07/jenis-ikan-cupang-yang-mahal.html

Jenis ikan cupang

Bentuk cupang berdasarkan penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan (1) Halfmoon, (2) Crown Tail, (3) Plakat, (4) Double Tail. (Gambar : MCHI) Dan merupakan Jenis Ikan Cupang yang Mahal

1. Halfmoon (bulan sepotong)

Seperti namanya,jenis ikan cupang halfmoon mempunyai sirip dan ekor yg seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Bila dilihat dari samping,sirip ikan halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah.Ikan cupang halfmoon dipelihara karena keindahannya.Jenis ini mempunyai varian warna yg beragam mulai dari merah menyala,kuning, dan varian warna lainnya.

2. Crown tail (serit)

Indonesia mungkin bisa sedikit berbangga,karena ikan cupang serit dilahirkan oleh para breeder dari daerah Slipi, Jakarta.Cupang serit menjadi mendunia karena jenis keindahannya. Di sebut crown tail atau ekor mahkota,karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang serit mempunyai banyak varian. Ada yg seritnya tunggal,dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip.Ada juga yg berserit dua atau serit ganda.Keindahan ikan cupang serit udah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

3. Plakat (petarung)

Plakat berasal dari istilah di Thailand yg artinya kurang lebih adalah tarung atau laga.Sesuai dengan namanya,jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan.Thailand memang mempunyai kebiasaan adu cupang yang udah melegenda.

Sirip dan ekor cupang plakat biasanya pendek tidak menjumbai seperti serit dan halfmoon.Karena pendek,sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar.Gerakan ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tapi terlihat lebih sangar.

4. Dauble tail (cagak)

Disebut double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua.Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan.Oleh karena itu keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran.

5. Giant (raksasa)

Ikan cupang raksasa ini berhasil dikembangkan breeder dari Thailand.Ukuran terbesarnya mencapai 12 cm,jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya.Cupang raksasa ini dikembangkan dari cupang plakat,yg disilangkan dengan cupang lainnya. Saat ini,berbagai terdapat berbagai jenis ikan cupang raksasa,diantaranya halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant.

Cupang hias vs cupang adu

Sebenarnya tak ada aturan jelas yg membedakan cupang hias dan cupang adu.Semua splendens complex berkarakter agresif dan bisa di adu. Jadi sangat tergantung pada pemiliknya,karena cupang hias pun sebenarnya bisa menjadi petarung yg tangguh.Dan cupang adu pun ada yg elok utk dipandang.

Namun meskipun begitu,kita bisa memperkirakan karakter dan postur seperti apa yg bisa dijadikan cupang adu. Sehingga dengan sedikit latihan,bisa menjadi petarung yg tangguh.Begitu juga dalam menentukan cupang hias. Kita bisa memperkirakan ikan seperti apa yg mempunyai bakat sebagai cupang hias.Silahkan lihat perbedaan cupang hias dan cupang adu.
Jenis Ikan Cupang yang Mahal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER