Cara Mengatasi Sesak Nafas yg Praktis dan Mudah


Mngapa kami menggunakan kata “praktis” pada sub judul di atas? Sebagian orang mungkin menganggap bahwa sesak nafas harus diobati dengan menggunakan obat-obatan.Lalu bagaimana seandainya kondisinya darurat dan tidak memungkinkan Anda utk mencari obat? Itu dia gunanya cara-cara praktis yg bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama pada orang-orang yg tiba-tiba mengalami sesak nafas.Apabila terjadi sesak nafas pada Anda ataupun pada orang di sekitar Anda,maka segera atasi kondisi tersebut .Pasalnya jika kondisi tersebut dibiarkan saja,bisa saja terjadi hal-hal berbahaya yg tentu saja tidak Anda inginkan.Lalu bagaimana cara mengatasi sesak nafas? Berikut informasi selengkapnya.

Berikan Kondisi yg Nyaman
Terkadang sesak nafas juga bisa terjadi karena kondisi sekitar terlalu ramai atau bahkan berdesakan.Contohnya ada seseorang yg sesak nafas karena berdesakan saat sedang antri membeli tiket.Nah,utk mengatasi hal ini lebih baik tempatkan orang tersebut di tempat yg lebih nyaman dan lebih tenang.Justru apabila semakin banyak orang yg ada di sekitarnya,udara akan semakin pengap karena jumlah oksigen pasti akan berkurang. Apalagi jika orang tersebut berada di dalam sebuah ruangan yg sempit.

Posisi Setengah Duduk
Selain itu cara mengatasi sesak nafas yg praktis lainnya adalah dengan memberikan posisi setengah duduk.Jadi saat Anda atau seseorang mengalami sesak napas baik itu dalam posisi tidur ataupun berdiri,autrlah posisi tuuhnya sedemikian rupa menjadi setengah duduk. Posisikan dudunya dengan sudut kurang lebih 45 derajat – 90 derajat.Mengapa harus posisi setengah duduk? Hal ini dikarenakan posisi setengah duduk bisa membuat paru-paru lebih mudah mengembang.Dengan demikian oksigen yg masuk ke paru-paru pun bisa lebih optimal.

Tarik Nafas dalam dan Panjang
Selanjutnya Anda juga bisa mengajarkan orang yg sesak nafas tersebut utk menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan.Cara ini dinilai cukup efektif sebagai cara mengatasi sesak nafas karena batuk atau karena kondisi gangguan kesehatan lainnya.Saat menarik nafas,tahanlah selama kurang lebih 3 detik,kemudian hembuskan secara perlahan.Lakukan hal ini beberapa kali sampai orang tersebut merasa lebih nyaman.Namun jika masih kesulitan bernafas,cobalah berikan segelas air hangat terlebih dahulu.Ada kemungkinan pernafasannya terganggu akibat ada dahak yg menyumbat atau mengganjal.

Jauhkan dari Alergen
Bagi Anda yg mempunyai alergi terhadap sesuatu atau gangguan kesehatan seperti asma, maka cara mengatasi sesak nafas yang harus Anda lakukan adalah menghindari alergen. Misal ada seseorang yg alergi terhadap udara dingin atau debu,maka yang harus Anda lakukan adalah menjauhkan orang tersebut dari alergen.Namun apabila cara ini masih belum berhasil,maka Anda harus memberikan bronchodilator supaya nafas kembali menjadi normal lagi.Namun supaya lebih aman lagi,sebaiknya Anda bawa orang yg sesak nafas tersebut ke dokter terdekat.

Pertolongan Medis
Seperti yg sudah kami bahas pada poin sebelumnya,apabila kondisinya darurat dan sudah membahayakan si penderita maka sebaiknya Anda segera bawa ke dokter atau ke puskesmas terdekat.Tujuannya tentu saja supaya sesak nafasnya bisa segera teratasi dengan pertolongan medis.Misalnya dengan diberikan oksigen,nebulizer,dan sebagainya. Namun jarak tempat Anda berada ke dokter atau puskesmasnya cukup jauh,maka lakukan terlebih dahulu pertolongan-pertolongan praktis seperti yg tadi sudah kami jelaskan.

Cara Mengatasi Sesak Nafas yg Praktis dan Mudah


Tips Mencegah Sesak Nafas Kambuh Lagi

Cara mengatasi sesak nafas tadi kami jelaskan adalah cara-cara praktis yg bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama.Namun utk pertolongan lebih lanjutnya sebaiknya Anda bawa ke dokter atau puskesmas terdekat utnuk mendapatkan pertolongan medis. Nah,setelah masalah sesak nafas selesai,bukan artinya permasalahan selesai. Namun demikian Anda ataupun orang yg menderita sesak nafas tersebut harus bisa mencegah supaya tidak lagi terjadi kondisi serupa.Lalu bagaimana cara pencegahannya?

Pertama,apabila Anda adalah seorang perokok,maka mulai saat itu cobalah utk mulai berhenti merokok.Jika sulit,maka Anda bisa meminta bantuan pada dokter atau pada hipnoterapis utk menghentikan kebiasaan merokok tersebut.Namun demikian jika Anda bukan seorang perokok,lebih baik hindari tempat-tempat yg penuh asap.Misal di sekitar lokasi pembakaran sampah,atau di sekitar orang yg sedang merokok.Meskipun Anda bukan perokok,namun hal tersebut bisa membahayakan diri Anda sendiri.

Cara mengatasi sesak nafas supaya tidak kambuh lagi yg lain yakni dengan menjalankan pola hidup sehat.Bukan hanya dari segi makanan dan minuman yg Anda mengonsumsi. Namun demikian dalam keseharian Anda harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar Anda.Buatlah kondisi tangan Anda tetap bersih dengan cara mencucinya menggunakan sabun.Hal ini bisa meminimalisir sesak nafas Anda akan kambuh lagi, karena mencuci tangan dengan sabun bisa membunuh kuman dan bakteri yg bisa memicu sesak nafas kambuh.

Selain itu ada juga cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak supaya tidak kambuh lagi.Sering-seringlah minum air putih hangat supaya bisa mengencerkan lendir atau dahak yg menyumbat saluran pernapasan.Namun demikian apabila Anda merasa kondisi tersebut tak kunjung sembuh dan Anda sering sekali mengalami sesak nafas,maka periksakanlah diri Anda ke dokter.Mengerti apa sebenarnya penyebab yg membuat Anda sering mengalami kondisi sesak nafas tersebut .
Baca Juga: Tips Memilih Makanan Utk Penderita Maag
Kurang lebih itulah sedikit penjelasan yg bisa kami bagikan mengenai bagaimana cara mengatasi sesak nafas dan bagaimana cara pencegahannya supaya meminimalisir kambuhnya sesak nafas.Jadi kesimpulannya ketika Anda atau ada orang mengalami sesak nafas, segera lakukan pertolongan dengan cara-cara yg tadi sudah kami jelaskan.Selain itu Anda juga harus menjaga hidup sehat Anda supaya utk mencegah kambuhnya kondisi sesak nafas di kemudian hari.Demikian informasi yg bisa kami sampaikan,semoga artikel tadi bisa menginspirasi Anda utk memulai hidup yg lebih sehat. erima kasih dan semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Sesak Nafas yg Praktis dan Mudah Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri