berita terbaru islam dan berita update

6/13/2016

Bahaya Minum ES Saat Berbuka Puasa

Meminum es saat berbuka puasa,merupakan salah satu rutinitas hal yg digemari masyarakat Indonesia.Sepintas,hal ini memang bisa menghilangkan dahaga setelah
kurang lebih 12 jam lamanya kita menahan makan dan minum.Namun tahukah anda,jika hal ini dilakukan secara terus menerus secara berlebihan,maka bisa membahayakan kesehatan tubuh anda,seperti kontraksi pada lambung,yg bisa mempengaruhi sistem pencernaan tubuh anda.

Jika kita terbiasa berbuka puasa dengan mengonsumsi berbagai cemilan seperti gorengan dan es sirup,es buah,atau es the manis,maka sebaiknya mulai sekarang kurangi dulu,dan tahan selama 7 hingga 30 menit,hingga perut anda terisi berbagai makanan yg bergizi. Sebab,jika saat berbuka puasa anda langsung meminum air es dan makan gorengan,maka makanan yang mengandung minyak yg telah kita makan,menjadi membeku,sehingga pencernaan anda bisa terganggu.

Selanjutnya,jika pencernaan anda terganggu,makajika sistem imun tubuh kita lemah,akan mudah terserang berbagai penyakit,seperti susah buang air besar (BAB),serta bisa terkena penyakit maag.Jika kondisi maag anda udah kronis,maka bisa terkena penyakit tifus.

 Bahaya Minum ES Saat Berbuka Puasa


Utk menjaga kesehatan,sebaiknya konsumsilah air putih hangat dan makan makanan yg manis seperti kurma dan kolak pada saat berbuka puasa,kemudian baru minum es setelah lambung anda stabil.

Sementara itu,utk menghindari kekurangan cairan pada saat puasa,berikut perbanyaklah mengonsumsi air putih pada saat buka,sebelum tidur,dan pada saat sahur.Selain itu, perbanyak juga mengonsumsi buah dan sayuran yg kaya serat seperti buah pear,apel,dan berbagai sayuran seperti bayam,buncis,dan kacang panjang,utk memenuhi kebutuhan mineral tubuh anda.
Baca Juga: Hal-hal Yg Membatalkan Puasa
Sudah tahu kan,bahayanya minum es langsung saat berbuka puasa.Yuk,mari jaga kesehatan tubuh kita agar badan sehat dan bugar,sehingga bisa menunaikan ibadah puasa hingga sebulan lamanya.ihak,jika berbagai sisa makanan yang menjadi lemak membeku di bagian usus,maka lemak tersebut akan menyempitkan saluran,sehingga bisa membuat badan anda tidak enak,serta gemuk.
Bahaya Minum ES Saat Berbuka Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER