berita terbaru islam dan berita update

5/30/2016

Doa yg Didengar Allah dan Waktu Mustajab Utk Berdoa

Waktu Mustajab Utk Berdoa – Dalam sebuah hadits,Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,yg artinya:Dari Abu Hurairah RA,berkata:“ Rasulullah SAW” bersabda:“Tidak ada sesuatu yg lebih mulia bagi Allah SWT selain doa. ” (H. R. Tirmidzi).

Doa yg Didengar Allah
Pada dasarnya Allah selalu mendengar doa yg disampaikan oleh hamba – hambanya. Meskipun begitu,ada beberapa doa yg lebih cepat didengar oleh Allah ketimbang dengan doa – doa lainnya,yaitu :

Do’a Seorang Ibu
Doa pertama yg paling cepat didengar oleh Allah adalah doa seorang ibu terhadap anak – anaknya. Ibu ialah orang yg paling berjasa dalam kehidupan seorang anak manusia.Setiap manusia bisa terlahir dan sukses menjalani hidup di dunia semata-mata tidak terlepas dari jasa ibu yang mengandung dan melahirkannya.Sebegitu besarnya lah pengorbanan seorang ibu utk anaknya,sehingga doa seorang ibu terhadap kehidupan anak–anaknya benar–benar sangat mustajab dan lebih cepat didengar oleh Allah SWT.

Do’a Muslim utk Saudaranya yg Jauh
Menurut salah satu hadits Sahih,Rasulullah SAW pernah menghimbau kepada umat Islam utk mendoakan kerabatnya yg sedang tidak tinggal bersamanya.Hal ini dikarenakan doa seorang Muslim utk saudaranya yg jauh akan diamini secara langsung oleh Malaikat.

Do’a Orang yg Sedang Teraniaya
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda jika umat Islam harus takut kepada orang – orang yg sedang teraniaya.Rasulullah mengatakan bahwa “sebab tiada hijab antaranya (orang yg teraniaya) dengan Allah.Jadi,dapat dipastikan jika doa seorang muslim yg sedang teraniaya akan didengar secara langsung oleh Allah SWT.

Doa yg Didengar Allah dan Waktu Mustajab Utk Berdoa

Waktu Mustajab Utk Berdoa
Sama seperti yg udah disebutkan di atas,setiap doa yg kita panjatkan kepada Allah pada dasarnya akan didengar oleh-Nya kapan pun kita menyampaikannya.Hal ini dikarenakan Allah maha mendengar dan maha mengetahui.Meskipun begitu,ternyata ada beberapa waktu yg dipercaya jauh lebih mustajab (lebih cepat didengar) ketimbang doa di waktu – waktu lainnya, yaitu :

Ketika Sedang Berpuasa
Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadits yg intinya menyatakan bahwa ada tiga doa yg lebih cepat diijabah oleh Allah SWT yaitu doa orang tua,doa orang yg sedang berpuasa atau pun sedang menahan hawa nafsu,dan doa orang yg sedang di perjalanan.

Ketika Sedang Mengalami Kesulitan
Seperti yg udah dijelaskan di atas,salah satu do’a yg akan diijabah oleh Allah adalah doa yg keluar dari mulut orang yg teraniaya/sedang mengalami kesulitan.Maka dari itu,dapat disimpulkan jika masa – masa sulit merupakan salah satu waktu mustajab utk berdoa.

Ketika Sedang Berbahagia
Dalam salah satu Suratnya,Allah menyampaikan jika siapa pun umat-Nya yg bersyukur akan nikmat yg udah Ia berikan,maka Ia akan menaikkan nikmat tersebut.Jika dipahami dari firman Allah ini,maka dapat disimpulkan jika salah satu waktu diijabahnya doa adalah ketika sedang mendapatkan nikmat atau pun sedang berbahagia.
Baca Juga: Tips Memilih Jodoh Sesuai Al-Qur'an dan Hadist

Itulah beberapa waktu mustajab utk berdoa.Seperti yg udah disebutkan di atas,pada dasarnya Allah selalu mendengar do’a dari setiap hambanya.Oleh karena itu,meskipun waktu–waktu di atas merupakan waktu yg mustajab utk berdo’a,bukan artinya kita menjadi tidak berdo’a di waktu–waktu selain yg tercantum di atas.Meskipun kita tidak sedang ada di beberapa waktu di atas,kita sebaiknya senantiasa terus berdo’a kepada Allah yg maha mendengar lagi maha mengetahui do’a – do’a dari hambanya. 

Doa yg Didengar Allah dan Waktu Mustajab Utk Berdoa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.