loading...

Tanaman - Tanaman Unik Di Dunia

Tanaman - Tanaman Unik Di Dunia
Tidak hanya dunia fauna yg mempunyai berbagai koleksi satwa yg eksotis dan unik,dunia flora juga mempunyai koleksinya yg tak kalah unik pula.Well,mungkin ini ya yg disebut dengan kesimbangan alam.Setelah googling sana-sini,berikut adalah kumpulan flora-flora yg menurut saya eksotis nan unik.

Bunga Bangkai
Tampaknya saya tak perlu menjelaskan secara detail tentang bunga ini. Tumbuhan dengan nama latin Amorphophallus titanum ini hidup di Indonesia, tepatnya banyak tumbuh di Sumatra. Alasan mengapa saya menempatkan bunga ini di urutan pertama adalah karena saya bangga bunga ini adalah tanaman endemik dan banyak peneliti - peneliti asing yg mengagumi bunga ini.
Selain ukurannnya yg besar, bunga bangkai juga ialah bunga tertinggi di dunia, dengan tinggi mencapai 20 kaki. Bau busuk yang menjadi ciri khasnya adalah sebuah mekanisme utk menarik perhatian serangga agar membantu penyerbukan.

Nipple Plant
Nipple plant atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan (maaf, red. ) tanaman puting merupakan tanaman yg mempunyai buah dengan bentuk mirip puting susu sapi. Karena bentuknya yg unik inilah, tanaman ini juga dikenal dengan nama Cow Udder Plant.

Tanaman ini banyak ditemukan di Afrika Selatan. Ia mempunyai daun dengan tekstur yg lembut, bunganya berukuran kecil dengan warna ungu, dan mempunyai duri yg keras. Buahnya sendiri dikatakan dapat bertahan di pohonnya hingga dua bulan, namun jangan mencoba untuk memakannya karena tanaman ini beracun.

Rafflesia Arnoldi
Kembali tanaman endemik Indonesia menempati urutan atas artikel ini. Rafflesia Arnoldii ialah bunga terbesardan terberat di dunia. Ketika mekar, diameternya bisa mencapai1 meter dengan berat kurang lebih 11 kilogram. Tanaman ini hidup secara parasit dengan menyerap nutrisi dari tanaman inangnya.

Tanaman - Tanaman Unik Di Dunia


Pembentukan kelopak bunga tanaman ini memerlukan waktu yg cukup lama sebelum siap utk mekar kembali. Sama dengan bunga bangkai diatas, tanaman ini bisa mengeluarkan bau yg busuk sebagai cara utk menarik serangga agar membantu tanaman ini utk proses penyerbukan.

Walking Palm, Tanaman Yg Bisa Berjalan
Mungkin kedengarannya aneh,tetapi tanaman ini benar - benar bisa berjalan. Tanaman ini berasal dari hutan tropis Afrika Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 25 meter, mempunyai batang dengan panjang 17 cm.

Tanaman ini memilki akar yg tidak seperti tumbuhan lain. Seperti yg kita lihat pada gambar, tanaman ini seolah " berdiri " dengan menggunakan akarnya ini. Ya, tanaman ini memang berdiri dengan akarnya, dan yg lebih mengejutkan adalah tanaman ini dapat berpindah posisi, jadi jika kalian memelihara tanaman ini di teras rumah, lalu tanaman ini pindah ke belakang rumah kalian, jangan menganggap tanaman ini ada penunggunya ya.
Lihat Juga: Keistimewaan Ayam Cemani

Pada awalnya tidak ada yg mengetahui tentang kegunaan dari akarnya yg aneh itu,namun pada tahun 1961 sebuah fakta baru mengenai tanaman ini ditemukan.Sebuah pohon ini tumbang karena ditimpa oleh pohon lainnya,namun beberapa hari kemudian,tumbuh akar baru di sekitar akar yg lama.Beberapa minggu kemudian,tanaman ini hampir berdiri tegak lagi dengan akar yg baru tadi.Meskipun dapat bergerak,tapi prosesnya dikatakan membutuhkan waktu yg cukup lama.Dikatakan pergerakannya hanya sekitar 1 meter per tahun. 

Tanaman - Tanaman Unik Di Dunia Rating: 4.5 Posted by: Rahmi Fajri