Dosa-Dosa yg Menghalangi Datangnya Jodoh

Dosa-Dosa yg Menghalangi Datangnya Jodoh
Seseorang yg gundah dikarenakan lama tidak mendapatkan jodohnya memang perlu banyak intropeksi diri. Bukan semata-mata factor ‘belum waktunya’, namun terkadang ada beberapa factor lain yg menyertainya. Kemungkinan terlalu banyak mengurung diri dirumah, hingga tidak banyak bergaul dengan banyak orang, hingga kurang dikenal banyak orang, atau bahkan satu hal yg agak menganggu, yakni masih terdapatnya dosa-dosa yg menghalangi jodoh.
SebenarnyaMemang salah satu upaya yg dilakukan oleh seseorang yg belum mendapatkan jodohnya adalah doa, dan doa yg banyak dipanjat adalah :
" Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a'yuniw, waj'alna lil muttaqiena imaamaa. "
" Ya Tuhan kami,anugerahkanlah kepada kami jodoh isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami),dan jadikanlah kami imam buat orang2 yg bertakwa."(QS Al-Furqaan 74)
Akan tetapi jika doa sudah dilakukan masih belum mendapatkan hasilnya,harus diliatdilihat kemungkinan lain mengapa jodoh masih jauh.Jika ternyata sebenarnya masih banyak dosa-dosa yg dilakukan yg sebenarnya atidak disadari,maka itulah inti permasalahannya, mengapa Allah masih menyembunyikan calon pendamping. 

dosa-dosa yg menghalangi jodoh itu diantaranya adalah :

1. Menempatkan Shalat bukan suatu kewajiban apalagi kebutuhan.

Bisa dibayangkan seseorang yg merasa tidak membutuhkan Tuhan seutuhnya meski mengakui akan keberadaanNya.Padahal jika seorang muslim sejati,maka shalat itu bukan hanya sebagai suatu kewajiban semata namun kebutuhan.Untuk itu jauh dari jodoh kemungkinan besar dikarenakan shalatnya masih buruk,tidak mengerjakan 5 waktu dengan rutin, shalat kalau ingat atau sedang butuh, atau hanya pencintraan semata.Jika seorang menyadari jika bahwa hanya dengan shalat dan sabar-lah menjadi penolong kehidupan,maka ia akan mengerjakan dengan sebaik-baiknya agar jodoh mendekat padanya.
Didalam QS. AL-Baqarah 2 ayat 153 Allah SWT berfirman :
''Wahai orang-orang yg berIman jadikan lah sabar dan sholat sebagai penolong mu. ''

2. Menyekutukan Allah
Menduakan Allah dengan apa saja.Entah dengan kegiatan,gadget,social media,dan yg paling parah adalah perbuatan syirik,yakni percaya kepada kekuatan utk menyelesaikan masalah selain Allah,seperti pergi ke peramal,dukun,paranormal atau benda-benda keramat lainnya yg dipercayai mempunyai petuah.Seperti mendapatkan nodoh dengan mudah, mudah rizki dan lain-lain.Perbuatan ini sama sekali tak bermanfaat,ancaman musyrik dan mendapatkan dosa besarlah akhirnya.

“Janganlah sekali-kali kamu diperdayakan dunia & diperdayakan para penipu yg mengatasnamakan Allah” (QS 31 : 33)

3. Putus asa dengan rahmat Allah,hingga tidak mempercayaiNya

Hati-hati dengan hal satu ini dikarenakan saat lunglai dan tak mau lagi berusaha dan menganggap rahmat Allah itu jauh,maka ia seperti dianggap orang yg kafir.
" Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yg kafir ". (Yusuf : 87)

http://infomasihariini.blogspot.com/2016/03/dosa-dosa-yg-menghalangi-datangnya-jodoh.html
 
4. Durhaka pada orangtua.

Seringkali seseorang tidak sadar jika sudah menginjak dewasa mereka kurang lagi peduli pada orangtua, termasuk tidak mengindaaahkan lagi nasehatnya, sering bertengkar atau berpeda pendapat yg melukai hatinya, bahkan ada yg terang-terangan utk tidak mempedulikan lagi mereka. Sikap durhaka inilah yg akhirnya menghalangi mendapatkan jodoh.
Tentang hal tersebut Allah SWT berfirman :
" Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yg sombong lagi celaka ". (Maryam : 32).

5. Suka memutus tali silaturahmi.
Banyak orang yg lupa dengan satu hal tersebut,dikarenakan merasa jika tengah membenci seseorang maka ia lantas dengan mudahnya memutus silaturahmi,dan ini bahkan terjadi dibanyak lapisan masyarakat.
“Sesungguhnya orang2 mukmin itu bersaudara.Karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri anda dihadapan Allah supaya kamu memperolehmendapatkan rahmat”. (QS. 49 : 10)

6. Tidak mempedulikan harta yg didapat.

Banyak pemeo yg mengatakan ‘mencari uang dari yg haram saja susah apalagi yg haram’, membuat banyak orang yg tidak mempedulikan lagi tentang kehalalan rizki yg didapatkannya. Jika itu terjadi maka jodoh bisa tidak dengan mudahnya mendekat jika perut selalu kenyang dengan hal-hal yg haram.

7. Banyak melakukan hal-hal zina,dusta dan menggunjing.

Hindari hal-hal buruk macam ini,dikarenakan akan sangat mempengaruhi banyak hal,termasuk susah mendapatkan jodohnya.
" Barangsiapa yg melakukan demikian itu,niscaya dia memperolehmendapatkan (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu ". (Al Furqaan : 68-69).

8. Menjadi pribadi yg pelit.
Apabila seseorang sulit sekali utk mengeluarkan uang utk sedekah, maka ia akan disempitkan Allah pada banyak hal termasuk dalam mendapatkan jodohnya, padahal salah satu kasih sayang Allah yg akan diberikan pada hambaNya adalah orang yg suka bersedekah, tidak pelit.
 Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim agar terbebas dari dosa-dosa yg menghalangi jodoh? Tentu bertindak hati-hati dalam berperilaku kesehariannya. Hindari banyak hal yg bisa membuat dosa, apalagi dosa besar, untuk itu banyak belajar agama. Jika seorang muslim sudah terlanjur melakukan salah satu dari 8 dosa itu, maka perbanyaklah bertobat dengan sungguh-sungguh atau tobat nasuha dan berjanji tidak mengulangi kembali, dan perbanyaklah beribadah, agar nantinya Allah memberikan jodoh terbaik utk pribadi-pribadi yg sendiri…

Dosa-Dosa yg Menghalangi Datangnya Jodoh Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah