loading...

Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot

Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot
Cara menanam cabe dalam pot ialah salahsatu cara membudidayakan tanaman cabe yg sangat mudah dilakukan dengan menggunkan media pot atau media polybag.

Ini ialah teknik budidaya alternatif yg bermanfaat buat ketersedian bahan-bahan sayuran dan hortikultura rumahan,misalnya saja,ketika harga cabe mahal kita mempunyai ketersedian cabe di taman rumah kita dan jika cara budidaya cabe yg digunakan baik dan ketersedian tanaman cabe banyak maka kita bisa menjualnya.

Persiapan Media
Siapkan pot atau polybag,bisa juga menggunakan alat-alat bekas yg bisa digunakan sebagai pot dan tidak terpakai semisal,ember,bak mandi,gayung,ember bekas cat dan lain sebagainya.Bersihkan terlebih dahulu media, kemudian sterilkan.

Lakukan pengolahan tanah,pilih tanah yg subur kemudian campurkan pupuk kompos organik atau pupuk bokashi pada tanah,aduk hingga merata masukan kedalam pot yg sebelumnya diberi batu kerikil atau batu apung secukupnya,

Diamkan media selama 3-5 hari namun yang harus diperhatikan kondis tanah harus dalam keadaan lembab/basah atau tidak kering,namun jangan sampai air menggenang,jika air menggenang maka cek kembali kondisi media,karena drainase tanaman sayuran atau hortikultura dalam pot drainase sangat diperlukan.

Proses penanaman
Penanaman benih cabe organik bisa langsung kedalam pot atau bisa juga menggunakan persemaian jika akan menanam dalam jumlah banyak.Gunakan varietas yg genjah, jika pertamakali menggunakan pola tanam cabe organik, maka belilah bibit cabe organik di toko pertanian,namun jika sudah beberapa kali pilihlah benih dari bibit cabe yg terbaik dan sehat.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Cabe Organik dalam Pot

http://infomasihariini.blogspot.com/2016/03/cara-menanam-cabe-organik-dalam-pot.html

Penyiraman dan Penyiangan
Lakukan penyiraman setiap hari,bisa dilakukan pagi dan sore hari atau pilih salahsatu diantaranya,hingga masa pertumbuhan,jika sudah melewati masa petumbuhan dan tanaman sudahtelah setinggi 3-5 cm maka penyiraman bisa dilakukan hanya satu kali saja.Lakukan penyiraman dengan hati-hati dan jangan sampai merusak media.

Penyiangan dilakukan jika ada tanaman pengganggu,meskipun dalam pot tanaman pengganggu atau gulma dan rumput liar tetap tumbuh dalam pot,untuk itu kontrol setiap hari harus dilakukan.

Pemupukan
Pupuk buatuntuk cabe,lakukan pemupukan lanjutan dengan menggunakan pupuk cair organik atau pupuk daun,utk tanaman dalam pot sebaiknya jika menggunakan pupuk cair maka gunakan Spray (bisa menggunakan spray yg biasa digunakan anti nyamuk),semprotkan pada daun atau tanah disekitar tanaman.

Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian hama dan penyakit dengan menggunakan metode terpadu, yg mengutamakan kontroling dan pengendlian hama,jika hama masih diambang wajar maka lakukan pengendalian secara manual,kemudian jika hama dan penyakit pada tanaman udah agak banyak lakukan pengendalian dengan menggunakan pestisida organik.

Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah