Jenis Olahraga Kasti

Permainan Kasti - Olah raga ini populer di kalngan anak SD taun 90an.Nah kalo jaman gue dulu,kasti merupakan salah satusatu diantara kegiatan wajib yg dilakukan setiap jam pelajaran ORKES (olah raga dan kesehatan) atau PENJASKES (pendidikan jasmani dan kesehatan),dan terkadang juga dimainkan kala guru sedang gak ngajar.

Konon Kasti ialah Olah raga asli indonesia,pola permainanya hampir mirip dengan baseball atau soft ball namun ada beberapa perbedaan yg membuat Kasti menjadi olah raga sekaligussekalian permainan yg asik.

Permainan Kasti
http://infomasihariini.blogspot.com/2015/11/jenis-olahraga-kasti.html
 

1. Peralatan
a. lapangan seluas 60x30m terdiri dari :
  • 1 buah Home
  • 2 buah Home
b. Pemukul berupa kayusepanjang 50-60 cm dengan diameter 5 cm
c. Bola Tenis, jangan di ganti bola bowling atau buah durian ya?

2. Persiapan
Dimainkan oleh 2 regu,yg masing-masing regunya terdiri dari 12 orang.sebelum memulai permainan,akan diadukan undian (koin atau suit guna memilih regu mana yg akan menjadi pemukul dan yg akan menjadi penjaga.

setelahsesudah penentuan siapa yg main atau yg jaga,maka yg main akan berkumpul di home danserta yg jaga akan menyebar di sekitar base 1 & 2.

satu orang dari regu penjaga akan bertugas sebagai pelempar bola,dan regu yg main secara bergantian untuk menjadi pemukul
waktu permainan adalah 2x30 menit dan ampe puyeng kalo guru gak ada.

3. Permainan
a. pelempar akan melemparkan bola yang harus di pukul oleh pemukul sekencang-kencangnya,kalo perlu ampe keluar lapangan.
- pemukul akanbakal dinyatakan gagal atau bola mati apabila tidak berhasil memukul bola

b. setelah bola terpukul maka sang pemukul harus berlari ke base 1,dilanjutkan ke Base 2 hingga kembali ke Home,setiap kembali ke Home,tim pemukul akan mendapatkan 1 poin.
- pemukulnya di lempar kan kembali ke Home,tapi ingat pemukulnya jangan sampai terlempar ke luar Home karena artinya pukulan tadi akan dinyatakan mati.

c. Namun langkah pemukul tidaklah mulus,karena yg menjaga harus menangkap bola yg terpukul tadi dan harus menyentuhkan bola tersebut ke raga pemukul yg sedang menuju base,dengan segala cara,termasuk melemparkan bola itu ke tubuh sang pemukul agar sang pemukul mendapat bola mati dan tidak berhak melanjutkan permainan.
- apabila sebanyak 3 kali regu pemukul mendapatkan 3 kali bola mati maka akan dilakukan pergantian bebas,atau tuker posisi (yg pemukul jadi penjaga,dan penjaga jadi pemukul dan berhak untuk mendapatkan nilai)

Olah raga ini tergolong Olah raga Ekstrim dan diperlukan kekuatan dan keberanian, karena tiap orang terutama yang menjadi penjaga memiliki kemampuan lempar/Lebok yg bervariatif,kalo kayak gue mah lemparanya kayak kekuatan orang 2 hari belum makan, lemes... maka ber hati-hatilah pada anak yg lemparannya kayak mau ngebunuh orang! kuat dan cepat! makanya sebelum bermain hendaknya kita harus melatih kecepatan dan kelincahan kita agar bisa menghindar,dan juga harus ingat buat pipis dulu,karena jangan sampai ada kejadian memalukan " ngompol setelah kena lebok ".
karena dapat membuat benjol ini lah makanya Olah raga ini kini sudah jarang di temui, atau malah memang sudah gak ada lagi? begitulah kasti versi gue jaman dulu,mungkin di tempat lain ada yg berbeda?

Jenis Olahraga Kasti Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah