berita terbaru islam dan berita update

5/20/2015

Resep bakso bakar dan bumbu sate khas Madura

Resep bakso bakar dan bumbu sate khas Madura|ketemu lagi dengan saya,seperti biasanya setiap pagi saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya miliki,untuk kali ini saya bgikan tentang resep bakso bakar dan bumbu sate khas madura...Apakah  kalian menyukai bakso? Ataupun malah penikmat masakan bakso? Pernah coba bakso bakar? Pasti Jawabannya  udah semua, bakso ialah masakan khusus malang yang dibuat dari daging  yang digilingkan dan dibentuk jadi bulat-bulat, sangking terkenal bakso dulunya ada lagu anak-anak yang bertemakan bakso yakni (Abang tukang bakso). Kita sisikan dulunya cerita masalah lagu Abang bakso, focuslah kembali kebakso bakar khas malang ini. Bakso bakar ialah menu gabung antara  sate dan bakso yang mana bakso dibakar sepertinya sate lalu ditambahkan bumbu sate khas Madura hingga terciptanya resep bakso bakar bumbu sate khas Madura,  resep ini sendiri sebetulnya udah terkenal khas malang yang begitu nikmat dan mantap di santapkan kapan saja waktunya. Untuk menyantapnya kalian tak perlu jauh untuk pergi ke-malang cukup di dapur dan ikutilah  cara mengolah kuliner bakso yang  ini.

http://infomasihariini.blogspot.com/2015/05/resep-bakso-bakar-dan-bumbu-sate-khas.html


Ketka kalian mengolah bakso, kalian harus perhatikan campuran telur, tepung, bawang putih dan daging. tiap-tiap 1 kg daging ditambahkan sebanyak 100 gr tepungnya, dua butir telurnya, sepuluh bawang putih. Bila kalian masih terbingung kalian biasa mengerjakannya pada tempat penggilingan bakso ataupun biasa membelikan bakso instan supaya lebih gampang.

Bahan-bahan untuk membuat bakso;

  • 1 kg daging digiling
  • 2  telur
  • 100 gr tepung kanji
  • 10 siung bawang putih dihaluskan
  • Air dingin seperlunya

Bahan-bahan untuk bumbu  sate khas Madura;
  • 10 biji bawang merah (yang 4 biji diiris dan digoreng)
  • empat siung bawang putihnya
  • 150gram kacang tanah, digoreng
  • 2 biji kemiri
  • 2 sendok makan gulaaren
  • 150 meli liter air kaldu ayamnya
  • 3 sndok mkan minyak sayur ataupun goreng
  • Garam seperlunya
  • 1 botol kecap bango
Cara mengolah bakso ialah campurlah seluruh bahan-bahannya sambil ditambahkan air es seperlunya saja sambil diulen-ulen, lakukanlah sampai seluruh bahan tercampur hingga rata. Lalu bentuk-bentuklah bakso bulat  sesuai selera dan rebuslah di air mendidih.Tunggulah  hingga bakso mengapung-apung pertanda sudah masak.
Untuk bumbunya sate, seluruh bahan-bahannya dihaluskan bersamaan lalu campurlah dengan kecap bango sesuai selera kalian sendiri. Sesudahah itu lakukakanlah;resep tumis tahu cabai hijau
  1. Ambillah seperlunya bumbu kacangnya dan campurlah dengan kecap bango.
  2. Tusuk-tusuklah bakso dengan tusukan satenya, dan lumurkan dengan bumbu kacang yang tadi.
  3. Sediakan bara apinya dan bakarkan baksonya hingga berubah-ubah warnanya cokelat
  4. Mampung lagi mambakarnya kalian bisa sediakan bumbu kacangnya dan kecap manis dicampurkan dalam piring.
  5. Sesudah bakso usai lumurkan dengan bumbu kacang  sate khas Madura dan taburkan dengan gorengan bawang merah .
  6. Wahhh, bakso bakar bumbu sate khas Madura siap disajikan.
Baca juga Artikel mamfaat lainnya:Cara Alami Membuat Bibir Indah

Sebetulnya resep bakso bakar dan  bumbu sate khas Madura ini bisa ditambahkan dengan kuahnya, hingga saat makan bersamaan dengan nasi akan terasa sangat nikmat lagi. Tetapi  bila kalian lebih menyukai tanpa kuahnya juga tak apa-apa, karna kelezatan baksonya bercampuran dengan bumbu sate khas Madura ini masih akan terasakan nikmatnya.
Resep bakso bakar dan bumbu sate khas Madura Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MY BLOGGER

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.