loading...

Khadijah Binti khuwailid al-Kubra

Khadijah Binti khuwailid al-Kubra ra| Khadijah ialah Istri Nabi dan orang yang awal memeluk agama Islam.Beliau mendapatkan tempat termulia sebagai istri Nabi Muhammad saw yang pertama. Saat beliau menikahnya, Baginda SAW berumur 25 thun, dan Khadijah binti khuwailid adalah 40 thun. Pada waktu yang sudah ditetapkan, saudara keluarganya baginda, tergolong pamanda Abu Thalyb dan Hamzah r.a, serta mereka kumpulnya di rumah Khadijah r.ha. Abu Thalyb jua yang memberi kata-kata sambutannya didalam acara pernikahan baginda. Nabi Muhammad saw,tak pernah menikah dengan perempuan lain selama Khadijah r.ha masih ada. istri nabi Khadijah mendampingi baginda selama 25 tahun sesudah pernikahan, dan istri baginda meninggalkn dunia ini 3 tahun sebelum Hijrah.


Khadijah Binti khuwailid al-Kubra
Khadijah binti khuwailid merupakan perempuan yang pertama skali yang beriman kepada Allah dan rasulNya waktu Nabi berdo'a (memohonkan) pada Allah ta'ala. Khadijah jua sebaik-baiknya wanita didunia yang menolong baginda dengan jiwa raga, harta benda dan keluarganya.kehidupannya damai sejahtra, kehidupan beliau dipenuhi dengan kebaikan sehari-hari dan jiwa beliau selalu dalam kebajikan.Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda :"Khadijah berriman padaku waktu orang-orang ingkarkan, ia membenarkan saya waktu orang-orang mendustai dan ia membantuku dengan harta benda saat orang tak memberikan apa-pa."Cerita Orang Kikir dan Dermawan
Mengapa muslimah susah payah mencarikn tauladan kesana-kmari, Sesungguhnya di antara muslimah ada "wanita yang baik di dunia ini,"Ummul Mu'minin khadijah binti khuailid yang slalu setia dan patuh taat, yang sopan dan terbaik pada suami dan menolong nabi ketika berkhalwat sebelum baginda diangkatkn jadi Nabi dan meneguhkan baginda serta membenarkan baginda.

Khadijah mempunyai 6 anak, 2 lelaki: Qhasim dan Abdillah, keduany meninggal dunia saat masih bayi dan 4 orang wanita: Fatimah az-Zuhra, Zainabb, Ruqaiyah, dan Umi Kalsum. Karna Qhasim-lah terkadang Nabi dinamakn Abul Qhasim (ayahny Qasim). Anak beliau - Zainabb - dinikahkan dengan sepupuny Zainabb. serta dua anak perempuan lain, Ruqaiyah r.ha. -denganny Usman r.a. dan Umi Kalsum r.ha. jua dengan Usman r.a. sesudah Ruqaiyah meninggalkn dunia ini. Fatimah az-Zuhra r.ha, anak yang disayangi Nabi,nabi nikahkan dengannya Ali bin abi thalib r.a. Keturunan generasi Nabi adlah lewat anak lelaki Fathimah az-Zuhra, Hasan dan Husain. terkcuali Ibrahim yang jua meninggalkn dunia di usia muda, seluruh anaknya baginda adalah dari pernikahan baginda dengan Khadijah rha. Rumahnya istri baginda Khadijah seterusnya dibelikn oleh Amir Muawiyah dan mereka ubahny jadi mesjid. hingga masa sekarang ini, mesjid tersebut masih gunakan nama khadijah.

Khadijah lebih awal dari seluruh manusia di dalam beriman kepada Allah dan rasuNya, dan menolong baginda dan kaum Muslimin, harta benda dan keluarga beliau. Maka Allah SWT memberi balasan terhadap islam dan Rasul-Nya dengn sebagus-bagus balasannya dan memberi kenikmatan di dalam islamnya, sepertimana yang ditegaskan Nabi SAW, padanya pada waktu hidup beliau. Imam Bukhari dalam riwayat yakni saat malaikat Jibril A.S. hadir pada Rasul SAW, ianya berkata :"Wahai, Nabi allah, inilah Khadijah sudah hadir membawakn satu wadah berisikn kuah dan makanannya srta minumannya. Jika ia hadir kepadamu, sampaikanlah salam padanya dari TuhanNya dan Aku, dan beritakan padanya tentang satu buah rumah di surga dari mutiara yang tak da ribut di dalam dan tak da kepayahannya."al kubra
(Fadhail Ashhabin Nabi SAW, Imam Az-Dzahabi berkata;;  "shahihah sudah disepakatkn.")

Bahwasanya beliau merupakan kedudukan yang tak diperolehkn olej seorang pun di antara para shabat yang dahulu dan awal masuk Islamnya dan khalifaur rasyidin.perkara tersebut dikarnakan sifat Khadijah r.ha. pada waktu awal prtama terlebih mulia dan lebih agung dari semua sifat yang mendukungkn dakwah itu setelahnya. bahwasanyanya Khadijah r.ha.adalah rahmat Allah yang paling besar untuk Rasulullah SAW. Khadijah r.ha. ada mendampingi Rasul SAW lamanya seperempat abadnya, perbuatan baik pada baginda saat beliau susah glisah, membantunya pada masa-masa yang sulitnya, menolonya ddalam mendakwahkan islamnya, serta ikut merasai penderitaan yang susah payah pada waktu jihad beliau dan membantunya dengan jiwa raga dan harta bendanya. nabi SAW dengan sabdany :"Khadijah beriman padaku waktu orang- orang mengingkarkan. Dia membenarkan saya waktu orang-orang mendustainya. Dan dia memberi harta padaku waktu orang-orang tak memberikn apa-pa. Allah mengaruniakan aku anak dari dirinya dan mengharamkan bagiku anak dari selain ia."
( Hadis.Riwyt. Imam Ahkmad didalam "Musnad"nya, 6/118)

Dikisahkan jua di dalam haditt shahihah, darinya Abu Hurairah r.a., ia berkata :"malaikat Jibriel hadir pada Nabi SAW, Kemudian berkata :"Wahai, Rasul allah, inilah Khadijah sudah hadir membawakn satu wadah berisikn kuahnya, makanannya serta minumannya.JIKA ia hadir padamu, sampaikanlah padanya salam dari TuhanNya dan beritakan padanya tentang satu rumah di surga, (terbuatnya) dari mutiara yang tak da suara ribut di dalam dan tak da kepayahan." (Shahihh Bukhari, Bab Pernikahan Nabi SAW dengan Khadijah dan Keistimewaannya, 1/539)Demikianlah kisah cerita singkat Khadijah binti Khuwailid Al kubra moga jadi teladan bagi kaum muslimah islam.

Khadijah Binti khuwailid al-Kubra Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah