Do'a Ketika Mendengar Petir

Do'a Ketika Mendengar Petir | Assalamu'alaikum..sahabat muslim amalkanlah do'a ini jika kita sering kali mendengar petir dan biasanya  terjadi pada musim hujan,dan kadang kita mendengar suara petir yang sangat dasyat dan terasa takut dalam hati kita ,takut jikalau Allah mengazab kita,kita bisa merasakannya sendiri masing-masing pribadi,Ketika kita mendengar petir kita disunnahkan baca tasbih dan Bacalah tasbeh yang shaheh dari Sahabat Abdullah ibnu Zubaier di bawah tersebut. 
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman ''
(هُوَ الَّذِ ي يُرِ يكُمُ الْبَرْقَ خَوْ فًا وَ طَمَعًا  وَيُنْشِئُ  السَّحَابَ الثِّقَالَ وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَنْ يَشَاءُ وَهُمْ يُجَادِلُونَ فِي اللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ الْمِحَالِ)
Artinya:
"Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat  kepada kamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan dan Dia mengadakan Awan mendung . Dan guntur itu ber tasbih dengan memuji Allah , (demikian juga) para  malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar,kemudian  menimpakan kepada siapa yang Dia kehendaki , dan mereka berbantah-bantahan  Tentang  Allah, dan Dialah  Tuhan Yang Maha keras siksaNya ." (Qur'an .Surat. Al-Ra'du: 12-13 )


 Ilmu bermamfaat lainnya:Amalan Ringan Pahalanya Besar


.
Ibnul Katsir Rahimahullah dalam Tafsir kitabnya menceritakan bahwa , "Allah Swt memberitahukan bahwa Dialah yang menundukkan kilat, yaitu cahaya terang kilat yang kita lihat keluar dari celah  awan."
Dan maksud Khaufa wa Thama'a (ketakutan dan asa ),dan  menurut sahabat Qatadah Rahimahullah : 'Ketakutaan  yaitu  untuk orang bepergian yang takut tertimpa bahaya dari kilat-kilat  itu dan kesulitan yang ditimbulkan. Sedangkan  harapan ialah untuk orang mukim yang mengharapkan berkah dan manfaatnya dan mengharapkan  rizki dari Allah Ta'ala ."  

Kebersamaan petir dan guntur menjadikan suatu peringatan keras bagi sekalian penduduk bumi ini . Dan mungkin juga dijadikan untuk menghukum/menyiksa sebagian dari  manusia yang Allah kehendaki. Hal ini sepertimana yang ada di ayat tesebut , "dan Allah melepaskan petir/guntur , lalu menimpakan kepada siapa yang Dia kehendaki ."

  Dan didalam riwayatnya  Abdullah bin al-Zubaier tersebut, apabila dia mendengar  petir (guntur), maka dia berhenti  bicara, kemudian membaca:
 سُبْحَانَ  الَّذِي يُسَبِّحُ  الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ  وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Artinya:

"Mahasuci Allah yang guntur itu bertasbih dengan memujiNya , demikian malaikat karena takut kepadaNya ." Kemudian beliau berkata, "Sesungguhnya petir itu ialah ancaman yang keras bagi penduduk bumi.
(Shahih, HR. Malik dalam al-Muwatha' dan Imam al-Bukhari dalam kitab al-Adab al-Mufrad, nomor . 724,dalam kitabnya Takhrij al-Kalimut Thoyyib (157) dan Syeikh Musthofa al-Adawi dalam kitab Takhrij wabilus syoyyib (197)).

 Atau boleh juga mengucapkan  dengan bacaan tasbih ini (Dari Sahabat Abdullah ibnu Abbas ra.
سبحا ن  الذي  سبحت  له

Artinya:

Ikrimah Rahimahullah berkata: "Sesungguhnya ibnu Abbas ketika mendengar petir,maka ia mengucapkannyya :("Mahasuci dzat  yang petir  itu bertasbih dengan memujiNya .").kemudian ibnul  Abbas ra berkata'' : Sesungguhnya Ar-Ro'd ialah malaikat yang meneriakkan dan membentak Awan sebagaimana seperti seorang penggembala meneriakkan serta membentak kambingnya.(Hasan Hadis R. Bukhari di kitab Adabul Mufrad  (722)). 


dan Baca Juga :10 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir 

Kemudian boleh juga membaca tasbih seperti di gambar dibawah Terdapat sebuah riwayat dari Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhu, bahwa apabila Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mendengar Guntur dan petir,inilah do'a Rasulullah:
.
Do'a Ketika Mendengar Petir

Kesimpulannya

Jika kita  melihat kilat dan petir di langit dan jika kita mendengar petir  menggetarkan hati. maka kita  sunnah mengucapkan tasbih tiap kali kita mendengar suara petir yang keras . seperti yang kita sebutkan tadi dalam beberapa riwayatnya,bacaan tasbihnya bisa di amalkan untuk sahabat dimana pun berada ,dan itu semua  berdasarkan amalan yang shaheh  Sahabat rasulullah Abdullah ibnu Abbas dan Abdullah bin Zubair.semoga kita bisa mengamalkan  Do'a Ketika Mendengar Petir yang sahabat nabi praktekkan.  Wallahu 'alam bisshawab.  

Referensinya:

"Tafsir Al-Qur'anul Adzim" Karyanya Ibnul Katsir.
"Hishnul Muslimm " Karyanya  Sa'id bin  Ali  bin  Wahf Al-Qahthani.

Do'a Ketika Mendengar Petir Rating: 4.5 Posted by: Abu sigly Ahlussunnah waljamaah